Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sahabat Ganjar Kunjungi Pesantren Rayakan Hari Santri

Sabtu 23 Oct 2021 02:47 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Sahabat Ganjar (ilustrasi)

Sahabat Ganjar (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Reno Esnir
Kelompok relawan Sahabat Ganjar memberikan pembinaan UMKM pada santri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok relawan Sahabat Ganjar menyambangi sejumlah pesantren memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober. Mereka memberikan pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kepada para santri di pondok pesantren khususnya di Jawa Tengah (Jateng).

"Kami mulai dari Tegal, sebagai pembuka rangkaian kegiatan Grebeg Ponpes dengan tema Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif," kata Ketua DPW Sahabat Ganjar Jateng, Kesit dalam keterangan, Jumat (22/10).

Baca Juga

Dia mengagakan, kegiatan itu akan diadakan selama tiga hari ke depan hingga Ahad (24/10) nanti. Perjalanan diawali dengan mengunjungi Pondok Pesantren Darul Muttaqin di Tegal dan Pondok Pesantren RT Hidayatul Qur'an yang di Randudongkal.

Dia menjelaskan, Pondok Pesantren ditargetkan untuk memberikan edukasi kepada para santri untuk belajar membuat blog dan juga mengajarkan para santri untuk membuat usahanya sendiri. Dalam hal ini dikhususkan untuk belajar mengenai Digital Marketing dan bagaimana cara memasarkan suatu produk melalui platform digital.

Dia melanjutkan, kegiatan itu juga memberikan penyerahan bantuan kepada Pondok Pesantren Darul Muttaqin Tegal dan Pondok Pesantren RT Hidayatul Qur'an Pemalang masing-masing berupa Komputer, Printer, Modem, Sembako, pelatihan membuat blog dan penyerahan website.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memberikan dukungan para santri untuk berwirausaha khususnya dalam pengembangan digital marketing. Dia melanjutkan, kegiatan sosial ini sebagai bentuk untuk mempersiapkan santri ketika lulus dari pesantren dapat menjadi santri yang mandiri, berdikari dan berguna untuk negeri.

Humas DPP Sahabat Ganjar, Indah CH mengatakan bahwa kegiatan Sahabat Ganjar sengaja menyasar Pondok Pesantren sebagai langkah edukasi kepada para santri. Dia mengatakan, kegiatan ini berguna sebagai modal untuk membuat usahanya ketika sudah lulus dari Pondok Pesantren.

Dia mengatakan, pada era digital seperti ini, Sahabat Ganjar ingin selalu memberikan edukasi kepada para santri untuk siap terjun di dunia digital. Maka bantuan ini diharapkan dapat memberikan pelatihan dan juga sebuah alat sebagai langkah santri untuk memulai menciptakan sebuah ide-ide kreatifnya.

"Sahabat Ganjar terus melakukan aksi sosialnya untuk membantu sesama, minggu lalu kita sudah melakukan grebek pasar di Jawa Barat, sekarang sasaran kita lebih kepada edukasi untuk santri milenial sehingga siap untuk terjun di dunia digital," katanya.

Kehadiran Sahabat Ganjar disambut meriah oleh para santri, antusiasme terlihat ketika Sahabat ganjar memberikan bantuan berupa komputer tersebut. Salah satu santri Pondok Pesantren Darul Muttaqin mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Sahabat Ganjar.

"Alhamdulilah sekarang saya bisa membuat blog sendiri, komputernya juga keren makin semangat untuk belajar mengenai ilmu komputer," kata Muhammad Prakoso.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA