Selasa 14 Sep 2021 15:23 WIB

Bupati Gunungkidul Maklumi Wisatawan Manfaatkan Joki

Wisatawan menggunakan berbagai cara agar bisa masuk ke objek wisata.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, wisatawan menggunakan berbagai cara agar bisa masuk ke objek wisata, termasuk membayar joki. (Foto: Wisata kebun bunga amarilis, Salam, Pathuk, Gunung Kidul, D.I Yogyakarta)
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, wisatawan menggunakan berbagai cara agar bisa masuk ke objek wisata, termasuk membayar joki. (Foto: Wisata kebun bunga amarilis, Salam, Pathuk, Gunung Kidul, D.I Yogyakarta)

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Bupati Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Sunaryanta memaklumi tindakan wisatawan yang memanfaatkan jasa joki untuk bisa lolos masuk ke objek wisata setempat. Sunaryanta mengatakan, wisatawan menggunakan berbagai cara agar bisa masuk ke objek wisata.

Apalagi, jalur alternatif menuju objek wisata pantai di Gunungkidul sangat banyak dan tidak bisa terpantau petugas yang jumlahnya terbatas. "Mereka tentu berusaha mencari cara agar tetap bisa masuk, tidak bisa 100 persen dicegah," katanya di Gunungkidul, Selasa (14/9).

Baca Juga

Ia mengatakan, saat ini yang perlu dimaksimalkan adalah penjagaan terhadap jalur-jalur wisata mengingat seluruh destinasi wisata di Gunungkidul masih ditutup. "Kami berharap masyarakat tetap bersabar untuk berwisata. Kami optimistis tidak lama lagi uji coba wisata di Gunungkidul akan dilakukan. Namun kami masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI," katanya.

Sunaryanta mengakui, Pemkab Gunungkidul belum mendapat informasi tentang rencana atau wacana uji coba pembukaan objek wisata di Gunungkidul. Kendati demikian, ia memastikan persiapan tetap terus dilakukan, termasuk melakukan studi di sejumlah destinasi wisata lain yang sudah diperkenankan buka kembali dengan status uji coba terbatas.

"Kami berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan dengan kesadaran sendiri mengikuti vaksinasi, sehingga Covid-19 dapat ditekan. Kami berharap semua sektor bisa dibuka maksimal, termasuk objek wisata," katanya.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Martinus Sakti mengatakan saat akhir pekan lalu, petugas menjaring sejumlah joki yang memandu wisatawan melewati jalur bebas penjagaan. Berkat mereka, ratusan wisatawan berhasil lolos ke kawasan pantai.

"Joki ini mengaku hanya mengutip bayaran seikhlasnya dari wisatawan," kata Martinus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement