Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Satgas Covid-19 Batalkan Pentas Kuda Lumping di Purbalingga

Ahad 29 Aug 2021 16:22 WIB

Rep: Eko Widiyatmo/ Red: Qommarria Rostanti

Kesenian kuda lumping (ilustrasi).

Kesenian kuda lumping (ilustrasi).

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Pemilik kegiatan tidak meminta izin kepada petugas perihal perhelatang kuda lumping.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Petugas gabungan Satgas Covid-19 Purbalingga bersikap tegas terhadap warga yang melanggar ketentuan PPKM level 4. Menyusul adanya informasi warga yang akan menggelar pentas kuda lumping atau ebeg, Sabtu (29/8), petugas bertindak cepat dengan membatalkan pertunjukkan tersebut.

''Sebelum pentas kuda lumping digelar sore hari, kami mendatangi rumah penyelenggara kegiatan pada siang hari untuk membatalkan pertunjukkan itu,'' jelas Kapolsek Pengadegan AKP Susilo.

Dia menyebutkan, pertunjukkan kuda lumping tersebut rencananya akan dilaksanakan di Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan. Sedangkan penyelenggaranya, seorang warga berinisial SP, warga RT 05 RW 02.

''Kami bisa membatalkan pertunjukkan tersebut, karena sebelumnya menerima laporan akan adanya warga yang akan menggelar pentas kuda lumping. Pemilik kegiatan tidak meminta izin pada kami akan menyelenggarakan kegiatan tersebut,'' kata dia.

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek langsung berkoordinasi dengan pengurus Satgas Covid 19 tingkat kecamatan lainnya untuk mengambil tindakan. ''Tindakan kami lakukan karena Kabupaten Purbalingga masih menerapkan status PPKM level 4. Sesuai ketentuan, selama penerapan status tersebut maka kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan tidak boleh dilaksanakan,'' ujarnya.

Bersama dengan para anggota Satgas Covid 19 lainnya, pihak kepolisian kemudian mendatangi rumah penyelenggara. ''Ternyata benar, di halaman, seluruh peralatan pentas sudah siap dan tinggal menunggu waktu pelaksanaan,'' kata dia.

Mengetahui hal ini, pihak Satgas kemudian melakukan pendekatan dengan penyelenggara dan meminta kegiatan pentas kuda lumping itu dibatalkan. ''Setelah kami beri pemahaman, penyelenggara kegiatan akhirnya setuju kegiatan pentas kuda lumping dibatalkan. Semua peralatan kuda kepang yang sudah digelar, akhirnya diangkut kembali ke mobil angkutan yang sudah disiapkan,'' ujarnya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA