Sabtu 31 Oct 2020 08:35 WIB

Puluhan Tim SAR DIY Disiagakan di Kawasan Pantai 

Tim SAR ini melaksanakan patroli guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut. 

Rep: Silvy Dian Setiawan   / Red: Ratna Puspita
Tim SAR. Kantor Basarnas Yogyakarta menyiagakan puluhan tim SAR di kawasan pantai yang ada di DIY.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Tim SAR. Kantor Basarnas Yogyakarta menyiagakan puluhan tim SAR di kawasan pantai yang ada di DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kantor Basarnas Yogyakarta menyiagakan puluhan tim SAR di kawasan pantai di wilayah tersebut. Puluhan tim SAR ini disiagakan untuk mengamankan libur panjang pada akhir Oktober 2020. 

"Siaga SAR khusus sebanyak 56 personil diterjunkan dan disebar ke seluruh objek wisata di DIY, khususnya obyek Wisata pantai yang menjadi destinasi wisata di DIY," kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Lalu Wahyu Efendi dalam keterangan resminya, Kamis (29/10) malam. 

Baca Juga

Puluhan tim SAR ini melaksanakan patroli guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut. Bahkan, patroli dilakukan secara mobile menggunakan kuda seperti di Pantai Goa Cemara, Bantul. 

"Personil yang patroli menggunakan kuda milik warga di sekitar pantai. Siaga patroli mobile juga dilakukan di Pantai Sadeng, Wediombo, Indrayanti, Baron, Sepanjang, Parangtritis, Parangkusumo, Depok, Pantai Baru, Pantai Trisik, Bugel, Glagah dan Congot," ujarnya. 

Selama patroli dilakukan, Basarnas Yogyakarta juga terus mengingatkan wisatawan untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat. Hal ini dilakukan agar penularan Covid-19 tidak meluas, terutama di kawasan wisata. 

"Menghimbau kepada pengunjung untuk tetap mentaati protokol kesehatan dan tidak bermain/berenang di laut. Mengingat Laut Pantai Selatan DIY memiliki palung yang banyak dan ombak yang cukup tinggi," jelasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement