Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Menteri LHK: Sampah Kini Bernilai Ekonomi Tinggi

Kamis 18 Aug 2022 01:54 WIB

Red: Nur Aini

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan saat ini sampah yang ada harus dikelola dengan baik karena bernilai ekonomi tinggi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan saat ini sampah yang ada harus dikelola dengan baik karena bernilai ekonomi tinggi.

Foto: Republika/Febryan. A
Masyarakat diminta agar lebih bijak lagi dalam mengelola sampah

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan saat ini sampah yang ada harus dikelola dengan baik karena bernilai ekonomi tinggi.

"Sampah yang sekarang itu bisa menjadi sumber daya ekonomi," kata dia di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (17/8/2022), saat menggelar HUT Ke-77 RI di daerah itu.

Baca Juga

Dia mengatakan berdasarkan hasil ekspedisi salah satu lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang melakukan perjalanan dari Bali ke Jakarta sambil memungut sampah, berhasil mengumpulkan sebanyak 68 ton. Dari jumlah tersebut, kata dia, 79 persen merupakan sampah yang bernilai ekonomi tinggi, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pendapatan masyarakat.

Untuk itu, kata Siti Nurbaya, perlu adanya pemanfaatan lebih bijak lagi oleh masyarakat, agar persoalan sampah bisa teratasi dengan memanfaatkannya kembali.

"Dari 68 ton sampah yang berhasil dikumpulkan 79 persen adalah plastik yang bernilai tinggi, itu menunjukkan sebetulnya merupakan sumber daya ekonomi," ujarnya.

Siti Nurbaya menambahkan saat ini KLHK terus berupaya melakukan penataan, terutama permasalahan sampah, dan lingkungan yang menjadi isu global. Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat agar lebih bijak lagi dalam mengelola sampah, dengan cara memilah dan memilih dari rumah.

"Pencemaran identik dengan sampah limbah dan lain-lain, itu pun sudah ditata sekarang," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA