Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Pemkot Bandung Siap Distribusikan 200 Dosis Vaksin PMK

Jumat 24 Jun 2022 17:20 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Bilal Ramadhan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengenakan alat pelindung diri sebelum meninjau vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak sapi perah. Pemkot Bandung segera mendistribusikan sebanyak 200 dosis vaksin PMK.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengenakan alat pelindung diri sebelum meninjau vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak sapi perah. Pemkot Bandung segera mendistribusikan sebanyak 200 dosis vaksin PMK.

Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Pemkot Bandung segera mendistribusikan sebanyak 200 dosis vaksin PMK.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Gin Gin Ginanjar mengatakan, Kota Bandung telah mendapatkan jatah 200 dosis vaksin untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, ratusan dosis vaksin yang didatangkan dari Prancis ini akan diprioritaskan pada wilayah-wilayah yang telah tertular PMK atau zona merah.

“Yang pasti sesuai arahan dari provinsi itu harus diprioritaskan untuk wilayah-wilayah yang tertular atau red zone, dan Kota Bandung ada tiga kecamatan yang tertular. Tapi sampai saat ini kita belum menentukan berapa jumlah vaksin yang akan disebarkan per kecamatannya, karena ini terbatas ya, hanya 200 dosis,” kata Gin Gin saat dihubungi Republika, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga

Dia memprediksikan pendistribusian akan dimulai pada Senin (27/6/2022) mendatang, bersamaan dengan keputusan pasti wilayah sebaran vaksin. Gin Gin mengatakan, vaksin ini hanya akan diberikan pada kelompok hewan tertentu, yaitu jenis sapi perah, sapi potong betina, sapi indukan, dan anak sapi (pedet).

“Kita sebenarnya minta banyak (dosis vaksin PMK), tapi ini kan memang provinsi yang bagi-bagi, kemarin itu provinsi dapat 19.600 dosis dan itu dibagi ke 27 kabupaten/kota, dan Kota Bandung hanya mendapat jatah 200 dosis, mungkin tergantung pada sebaran hewan yang diprioritaskan, seperti sapi perah, Kota Bandung memang tidak terlalu banyak, karena kita lebih banyak sapi potong,” jelasnya.

Sebelumnya, Provinsi Jawa Barat telah menyediakan 70 ribu vaksin PMK yang rencananya akan disuntikkan pekan ini pada hewan ternak berkuku belah berkondisi sehat.

“Sebanyak 70 ribu vaksin pekan ini akan disuntikkan ke hewan yang sehat. Kalau yang sakit gunakan obat dan sampaikan ke warga masyarakat jangan khawatir," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Rabu (22/6/2022).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA