Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Pemkab Garut Sebut Jokowi Kemungkinan Meresmikan Situ Bagendit

Kamis 19 May 2022 09:22 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Foto aerial lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

Foto aerial lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

Foto: Antara/Adeng Bustomi
Kementerian PUPR mengusahakan Presiden Jokowi meresmikan wisata Situ Bagendit.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah bersiap-siap untuk rencana peresmian objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menuju wisata kelas dunia. Lokasi wisata alam tersebut rencananya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat ini.

"Rencana diresmikan dari (Kementerian) PUPR akhir Mei atau awal Juni (2022), kemungkinan oleh Presiden," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan di Kabupaten Garut, Rabu (18/5/2022).

Dia menuturkan, revitalisasi objek wisata Situ Bagendit itu mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat agar menjadi tujuan wisata yang dibanggakan masyarakat Garut. Pelaksanaan pembangunan danau wisata itu secara infrastruktur sudah 100 persen selesai. Menurut Budi, selanjutnya tinggal menunggu diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Dari kementerian sedang diusahakan untuk diresmikan oleh Presiden," kata Budi. Dia menyampaikan, menjelang peresmian objek wisata Situ Bagendit tidak ada penambahan fasilitas. Petugas hanya menjaga kebersihan lingkungan setelah banyak dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran.

Budi menerangkan, meski belum diresmikan, objek wisata Situ Bagendit itu sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati fasilitas baru dan suasana alamnya. "Situ Bagendit sudah dibuka sejak Lebaran kemarin, intinya sudah siap menyambut wisatawan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA