Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Hari Santri, Sukabumi Dorong Ponpes Bantu Vaksinasi

Jumat 22 Oct 2021 15:32 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: A.Syalaby Ichsan

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menempelkan stiker Saya Sudah Divaksin untuk ajakan warga divaksin di Terminal Tipe A Sukabumi, Rabu (15/9).

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menempelkan stiker Saya Sudah Divaksin untuk ajakan warga divaksin di Terminal Tipe A Sukabumi, Rabu (15/9).

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Gerakan vaksinasi harus didorong oleh para santri

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI-- Momentum peringatan Hari Santri tingkat Kota Sukabumi tahun 2021 digelar secara virtual dan dipusatkan di Balai Kota Sukabumi, Jumat (22/10). Pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membacakan sambutan menteri agama dan berharap dukungan ulama dan pimpinan ponpes dalam mendukung vaksinasi Covid-19.

"Kami atas nama pemda dan keluarga besar pemkot mengucapkan selamat Hari Santri Nasional 2021,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Selain itu, dia memohon maaf kepada ponpes dan alim ulama, apabila masih ada yang kurang berkenan dalam pelayanan.

Ke depan, dia menjelaskan, kebersamaan pemda dengan alim ulama dan ponpes akan dikuatkan dari waktu ke waktu. Pemkot memohon dukungan para alim ulama dan pimpinan ponpes agar doakan Sukabumi bisa segera pulih dan beraktivitas sebagaimana biasa.

''Yakin benar pandemi bukan hanya diantisipasi dengan ikhtiar duniawi tapi ikhtiar doa dari ulama dan pimpinan ponpes,'' kata Fahmi. Ia berharap gerakan vaksinasi yang digalakkan dapat didukung pimpinan alim ulama dan ponpes untuk memobilisasi santri dan jamaah yang belum vaksinasi sehingga mencapai herd immunity.

Dia menegaskan, semakin cepat vaksinasi, maka semakin cepat pulih dari pandemi. ''Mari sinergi dan berkolaborasi membangun Sukabumi menuju kota santri yang dibanggakan,'' jelas dia.

Selain memperingati Hari Santri, pada kesempatan itu pula digelar pelantikan Forum Pondok Pesantren (FPP) Kota Sukabumi 2021-2025. Ketua FPP Kota Sukabumi KH Fathullah Mansur mengatakan, pimpinan ponpes akan berupaya memajukan pesantren karena resolusi yang dikumandangkan resolusi jihad maknanya luas.

Dia menjelaskan, pesantren sudah seyogyanya untuk diperkuat karena Sukabumi sebagai Kota santri dan kota perjuangan. Ponpes pun siap menyukseskan vaksinasi yang digelar pemerintah. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA