Kamis 23 Sep 2021 13:52 WIB

Tim SAR Temukan Remaja yang Tewas Tenggelam di Palabuhanratu

Remaja yang tewas sebelumnya berusaha menyelamatkan teman yang terseret ombak

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Obyek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu. Tim SAR gabungan akhirnya menemukan jasad seorang remaja yang terseret arus di Pantai Istiqomah, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (23/9) pagi.
Foto: Balawista Sukabumi
Obyek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu. Tim SAR gabungan akhirnya menemukan jasad seorang remaja yang terseret arus di Pantai Istiqomah, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (23/9) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tim SAR gabungan akhirnya menemukan jasad seorang remaja yang terseret arus di Pantai Istiqomah, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (23/9) pagi. Korban yang bernama Dias (14 tahun) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada radius kurang lebih 1 NM (Nauticamille) dari lokasi kejadian sekitar pukul 08.47 WIB.

“korban ditemukan pagi ini berkat sinergi dan kerjasama dari tim SAR gabungan kemudian selanjutnya kita evakuasi menuju RSUD Palabuhanratu untuk proses selanjutnya," ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC). Ia juga mengungkapkan turut berduka cita atas musibah yang dialami korban dan mengungkapkan apresiasi atas sinergi dari unsur SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian terhadap korban. 

Sebelumnya pada Senin pagi pencarian terhadap korban kembali dilanjutkan dengan membagi area pencarian menjadi tiga search rescue unit (SRU). Di mana SRU pertama melakukan pencarian menggunakan perahu jukung dengan luas area 10 Nm².

SRU kedua melakukan pencarian menggunakan Speed Boat Patroli dengan luas area 10 Nm². Kemudian SRU ketiga melakukan pencarian visual jalur darat dengan jarak 20 Kilometer dari lokasi kejadian.

Unsur-unsur yang terlibat dalam operasi SAR meliputi Pos SAR Sukabumi, Polair Polres Sukabumi, BPBD Sukabumi, Damkar Sukabumi, Pol PP Cibadak, BPBD Kota Sukabumi, Balawista, Relawan Sehati, SIBERU, Ruang Peduli, SAR Khatulistiwa, ACT Sukabumi, Mitra PolAir, Rumah Zakat, Rapi Palabuhanratu, Pramuka Peduli Sukabumi, IEA Sukabumi Raya, SSV (Sukabumi Social Valunteer). Selain itu Tagana Dinsos Sukabumi, DT Peduli, Panthera, FAJI, RTN, VTB, keluarga korban, dan masyarakat setempat.

Sebelumnya diketahui Ahad (19/9) sekitar pukul 14.30 WIB korban sedang bermain bersama teman-temannya di pantai tersebut kemudian ombak datang dan menyeret korban hingga ke tengah. Upaya penyelamatan sempat dilakukan namun naas korban lebih dahulu tenggelam.

Awalnya ada tiga wisatawan terseret ombak di objek wisata Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Ahad. Dalam peristiwa itu, dua wisatawan berhasil selamat dan satu orang dinyatakan hilang.

Kejadian ini berawal saat korban PR (14) terseret ombak dan berhasil diselamatkan oleh dua saudaranya, yakni Dias (12) dan Enar Sunardi (45). Namun naas korban Dias terbawa arus gelombang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement