Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

RU VI dan Polda Jabar Gelar Pembekalan Pengamanan Kilang

Senin 02 Aug 2021 20:14 WIB

Red: Agus Yulianto

 Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, menggelar pembekalan kepada anggota Polri yang akan bertugas menjaga keamanan Kilang Balongan.

Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, menggelar pembekalan kepada anggota Polri yang akan bertugas menjaga keamanan Kilang Balongan.

Foto: Istimewa
Kilang Balongan merupakan objek vital yang butuh pengamanan yang ekstra ketat.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -– Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, menggelar pembekalan kepada anggota Polri yang akan bertugas menjaga keamanan Kilang Balongan. Pembekalan ini sebagai tindaklanjut hasil kesepakatan antara Pertamina Refinery Unit VI Balongan dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital Nasional Polda Jabar.

Kegiatan pembekalan kepada anggota kepolisian ini dilaksanakan di GOR Perumahan Pertamina  selama 2 (dua) hari, 2-3 Agustus 2021. Kapten (Inf) Edi Purwanto mewakili Security RU VI dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kilang Balongan merupakan objek vital yang butuh pengamanan yang ekstra ketat, tidak hanya di darat. Namun, terhadap perairan di sekitar area kilang harus di jaga.

“Kita sebagai instansi yang menjaga keamanan negara diminta untuk menjaga operasional RU VI Balongan. Penjagaan di kilang RU VI Balongan tidak hanya di darat saja. Kita juga akan fokus di laut tempat biasa kapal tanker memindahkan minyak agar dapat berjalan dengan lancar. Takutnya ada perompak atau nelayan yang mendekat sehingga menyebabkan terhambatnya proses memindahkan minyak,” kata Edi dalam keterangannya yang diterima Republika.coid, Ahad (2/8).

Sementara Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina RU VI Balongan Cecep Supriyatna mengungkapkan, Pertamina sangat membutuhkan peran dari TNI dan Polri dalam membantu memberikan pengamanan kepada Kilang Balongan. Sehingga, proses produksi BBM di Kilang Balongan bisa berjalan lancar.

“Kilang Balongan inikan memasok kebutuhan energi untuk wilayah ibu kota, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya, maka peran TNI dan Polri ini sangat kami butuhkan agar terhindar dari gangguan pihak-pihak yang ingin mengganggu operasional di RU VI," kata Cecep.

Sejauh ini kerja sama yang telah terjalin antara RU VI dan Kepolisian Obyek Vital sangat baik dan berdampak pada kenyamanan para pekerja yang sehari-hari bekerja di area Kilang Pertamina RU VI Balongan.

Dikatakan Cecep, MoU yang ditandatangani pada 13 Juli 2021 lalu, akan berjalan selama 5 tahun dan setiap tahunnya akan dievaluasi guna meningkatkan keamanan yang lebih baik lagi terhadap kilang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA