Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Antisipasi Pemudik, Penyekatan akan Diberlakukan di Bandung 

Rabu 21 Apr 2021 15:39 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ratna Puspita

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Titik-titik penyekatan akan dibahas saat rapat forum komunikasi pimpinan daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jajaran Polrestabes Bandung bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan penyekatan untuk mengantisipasi pemudik jelang mudik lebaran tahun 2021. Titik-titik jalan yang akan dilakukan penyekatan akan dibahas saat rapat forum komunikasi pimpinan daerah pada Jumat (23/4) mendatang.

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya mengatakan segera membahas terkait titik-titik penyekatan mengantisipasi pemudik pasca mendapatkan arahan dari pemerintah pusat. Termasuk, jumlah personel yang disiapkan dan sarana dan prasarana lainnya.

Baca Juga

"Untuk penyekatan temanya tadi tidak ada mudik mulai dari mulai Polda Metro akan diperketat begitu pun di Bandung akan dirapatkan titik-titik mana yang akan ditempatkan baik pintu masuk maupun keluar," ujarnya, Rabu (21/4).

Ia menuturkan, penyekatan diperkirakan akan dilakukan di wilayah perbatasan. Polrestabes Bandung juga akan membahas terkait sarana dan prasarana yang akan digunakan termasuk personil yang akan diterjunkan.

"Seperti di Cibiru, bukan jalan tol akan disiapkan termasuk jalan arteri juga. Kita lihat rapat forkopimda," katanya. 

Ia memastikan pihaknya siap melakukan penyekatan dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 namun terkait jumlah titik penyekatan masih belum ada. Ulung menambahkan, Polrestabes Bandung tetap akan memberlakukan penutupan jalan di sebagian jalan di Kota Bandung. Apabila terjadi peningkatan kasus Covid-19 maka kebijakan buka tutup jalan dapat lebih diintensifkan dan ditambah durasi waktunya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku sudah mendapatkan arahan dari pemerintah pusat terkait kebijakan larangan mudik tahun 2021. Pemkot Bandung selanjutnya akan merapatkan hal tersebut pada rapat pimpinan daerah pada Jumat mendatang. 

"InsyaAllah saya ngobrol dengan kapolrestabes dan dandim semua apa yang didapatkan dari pusat akan dibahas hari Jumat di forkopimda di Kota Bandung," ungkapnya.

Ia mengatakan, arahan dari pemerintah pusat yang disampaikan menyangkut mudik yang diperketat dan membahas tentang pangan. Ia memastikan stok dan keberadaan pangan di Kota Bandung aman. 

"Titik penyekatan belum dibahas. Pokoknya yang paling terlihat, (pembahasan) mudik," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA