Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Wabub Hengky Ajak Masyarakat Sadar Memilah Sampah

Selasa 30 Mar 2021 03:30 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan menggunakan speadboat menelusuri Sungai Citarum, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan menggunakan speadboat menelusuri Sungai Citarum, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Foto: Istimewa
Sampah bisa menjadi salah satu potensi ekonomi bagi masyarakat. 

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Permasalahan sampah semakin dinamis dari waktu ke waktu, setiap hari volumenya pun semakin besar. Berdasarkan data sumber timbunan sampah 2018 yang diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, rumah tangga menjadi penyumbang sampah terbesar sebanyak 62 persen. 

Padahal, seharusnya jika dimanfaatkan dengan baik, sampah bisa menjadi salah satu potensi ekonomi bagi masyarakat. Hal ini perlu mendapatkan perhatian serius, tidak hanya oleh pemerintah namun juga seluruh lapisan masyarakat. 

Menurut Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, penyelesaian perlu dilakukan secara terpadu dan sistematik oleh semua pemangku kepentingan dengan didasari pada kesadaran, kepedulian, dan partisipasi besar masyarakat.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah pusat maupun daerah sudah membuat aturan terkait pengelolaan sampah demi menekan pertumbuhan sampah setiap tahunnya. Namun, rendahnya kepedulian dan kesadaran masyarakat akan bahaya sampah, mengakibatkan banyaknya kerugian sebagai dampak dari pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya. 

Salah satu tempat yang sering menjadi sasaran lokasi pembuangan sampah oleh masyarakat yang kurang bertanggung jawab adalah sungai. Untuk itu, kata dia, edukasi mengenai permasalahan sampah harus terus dilakukan, karena sampah tidak hanya mencemari sungai tapi juga mengakibatkan banjir, salah satunya adalah penumpukan sampah di bantaran sungai. 

Menurutnya, bentuk edukasi yang bisa dilakukan di tingkat keluarga adalah bagaimana cara untuk memilah sampah yang baik dari rumah masing-masing. Sehingga, hal ini diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan, termasuk di area aliran sungai.

Hengky pun menyambut baik, Le Minerale yang mendukung inisiatif-inisiatif demi menjaga kelestarian lingkungan. Le Minerale bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melaksanakan program “Sosialisasi peduli sampah dan edukasi pilah sampah bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Bandung Barat” pada hari ini Senin, 29 Maret 2021 dengan membersihkan area sekitar Sungai Citarum, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.  

“Melalui program sosialisasi dan edukasi pilah sampah ini saya berharap warga Bandung Barat tergerak untuk berpartisipasi dan ikut andil bersama pemerintah untuk lebih peduli terhadap lingkungan serta bersama-sama merawat lingkungan di sekitar kita dengan mulai membiasakan diri memilah sampah dari rumah,” papar Hengky dalam siaran persnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA