Jumat 19 Mar 2021 08:47 WIB

Emil Protes Indonesia Didiskualifikasi dari All England

Ridwan Kamil menyampaikan protes ke akun resmi All England.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kecewa atas keputusan panitia penyelenggara kejuaraan bulu tangkis All England yang memaksa tim Indonesia mundur dari ajang bergengsi yang selama ini membanggakan masyarakat di tanah air. Ridwan Kamil melayangkan protes dalam dua unggahan di akun instagram pribadinya, Kamis (19/3) malam. 

"Berita ini bikin sedih banget, duh. Ikut prihatin atas keputusan diskualifikasi yg diterima oleh tim bulu tangkis Indonesia dari perhelatan All England karena satu pesawat dengan salah seorang penumpang anonim yang terpapar Covid," tulis Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Baca Juga

Tak cukup hanya di instagram pribadinya, Emil juga melayangkan protes diakun instagram resmi All England. Bahkan, ia menyebut keputusan panitia mendepak tim Indonesia sangat tidak adil dan profesional.

"Why don't you just simply run a covid test to all incoming athletes. Make it an everyday covid testif you have to. You did that policy to team Denmark, India and Thailand. Why not do the same to team Indonesia? It is very unfair and unprofessional. You are destroying the very essence value of sport which is fairness.-regards. Ridwan Kamil, Governor of West Java, Indonesia," tulis Emil.

Emil menilai, insiden semacam itu bisa diantisipasi dengan melakukan pengetesan secara berkala kepada tiap pemain. "Padahal dalam hemat saya bisa lakukan tes per tiap hari kepada atlet jika perlu. Namun itu adalah konsekuensi dari kebijakan pemerintah Ingggris dan panitia," tulis Emil lagi.

Baca juga : Dipaksa Mundur All England, Menpora: Bukan Kesalahan Atlet

Emil berharap, keputusan tersebut bisa berlaku adil kepada semua tim yang berlaga. Emil pun mendukung para atlet untuk tetap tegar menghadapi keputusan tersebut. 

"Semoga keputusan ini berlaku adil bagi semua tim dari negara lain dan mendoakan agar tim bulu tangkis Indonesia tetap semangat, berprestasi dan menjaga sportivitas. Tetap semangat untuk the Minions, The Daddies dan kawan-kawan tim Bulutangkis Indonesia. Doa dari kami di tanah air," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement