Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Lampu Penerangan Jalan Gairahkan Perekonomian Desa Sukamaju

Senin 15 Mar 2021 19:53 WIB

Red: Hiru Muhammad

kegiatan pemasangan tiang PJUTS di desa Sukamaju

kegiatan pemasangan tiang PJUTS di desa Sukamaju

Foto: istimewa
Secara keseluruhan di desa Sukamaju akan dipasang lampu di 100 titik.

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR--Desa Sukamaju kecamatan Cibungbung Kabupaten Bogor, Jawa Barat sekarang wilayahnya memiliki penerangan setelah dipasang lampu jalan. Pemasangan lampu jalan ini merupakan titik awal PT Diaz Biro Persada memberikan bantuannya kepada masyarakat di seluruh pelosok Nusantara. 

Pemasangan lampu  Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) ini merupakan langkah nyata dari PT Diaz Biro Persada untuk memasang sebanyak 60.000 titik sebagai tahap awal dari  target pemasangan dari 200.000 lampu yang akan dipasang di seluruh Indonesia. Dan desa Sukamaju merupakan prioritasnya. Karena di area tersebut belum terdapatnya penerangan di jalan desa, fasilitas ibadah, musala, sekolah serta tempat pemakaman umum. 

Masyarakat desa antusias dalam program pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya ini karena sangat membantu roda perekonomian  mereka dan aktifitas di malam hari. Hal tersebut dibenarkan oleh Hj Cucum Ratna Suminar, Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Cibungbung Kabupaten Bogor, mengatakan, masyarakat sangat bersyukur sekali karena dapat beraktivitas di malam hari. Sebelumnya di area pemakaman yang dilewati jalan utama ini sangat gelap sekali sehingga masyarakat kesulitan untuk mengaksesnya. Ini merupakan jalur perekonomian penghubung antar warga yang ada di sana antara pemukiman, warung dan jalan menuju pasar. 

Menurut rencana hari ini akan dilakukan pemasangan 10 titik lokasi PJUTS termasuk dikantor kepala desa  di desa Sukamaju kecamatan Cibungbung kabupaten Bogor. "Secara keseluruhan di desa kami akan mendapat jatah lampu PJUTS sebanyak 100 titik. Harapan kami dengan adanya PJUTS ini semoga PT Diaz Biro Persada lancar dalam menjalankan tujuan hibahnya ke desa kami," katanya.

Masih menurutnya, pihaknya berharap tidak hanya desa Sukamaju saja yang diterangi oleh PJUTS tapi juga desa-desa yang terpencil yang lain. Dan desa terpencil inilah yang sangat membutuhkan sarana penerangan seperti ini.  "Harapan kami juga dengan dipasangnya lampu penerangan ini akan menaikan ekonomi warga khususnya di malam hari," ucapnya.

Sementara itu, H Lukman, Main Kontraktor PJUTS dalamketerangan tertulisnya Senin (15/3) mengatakan, penempatan  titik pemasangan  di kabupaten Bogor Barat  sangat baik karena ditempatkan pada titik titik yang rawan kecelakaan dan rawan kejahatan."Seperti kita saksikan bersama kali ini kita melakukan pemasngan PJUTS di daerah pemakaman. Tentunya hal ini membantu masyarakat. Apalagi bila suatu saat ada warga sekitar meninggal dunia dan harus segera dimakamkan di malam hari," katanya.

Pemasangan PJUTS merupakan program Desa Terang Menuju Indonesia Maju yang sejalan beriringan dengan program Nawacita Pemerintah.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA