Senin 01 Mar 2021 16:30 WIB

Hari Pertama Kerja, Bupati Nina Bawa Bocah Penderita Tumor k

Efek dari tumor yang diderita Alif sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Bupati Indramayu, Nina Agustina, mengisi hari pertama kerjanya dengan mengunjungi anak penderita tumor, Senin (1/3).
Foto: Republika/(Lilis Sri Handayani
Bupati Indramayu, Nina Agustina, mengisi hari pertama kerjanya dengan mengunjungi anak penderita tumor, Senin (1/3).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Nina Agustina mengisi hari pertama kerjanya sebagai Bupati Indramayu dengan menjenguk balita penderita tumor, Senin (1/3). Bocah itupun langsung dibawa ke RSUD Indramayu untuk mendapat perawatan.

Nina mengunjungi bocah bernama Muhamad Alif Alfatah (3 tahun) di rumahnya yang terletak di Gang 21, RT 04 RW 04, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Indramayu. Ibu kandung dari balita tersebut, Sonia Eka Fadilah (20), menceritakan, kondisi yang dialami anaknya itu terjadi sejak 1,5 tahun lalu. Perut anaknya terus membesar dari waktu ke waktu.

"Sudah dirawat di RS di Bandung, kemoterapi juga sudah. Tapi masih seperti ini," kata Sonia.

Sonia sehari-hari berjualan es dan makanan ringan di depan rumahnya. Sedangkan suaminya, merupakan kuli serabutan dengan penghasilan tak menentu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, menjelaskan, bocah bernama Alif itu menderita tumor pada ginjalnya. Untuk mengobatinya, harus dilakukan penanganan secara komprehensif.

"Sudah stadium tiga," kata Deden, saat mendampingi bupati mengunjungi bocah tersebut.

Deden menjelaskan, efek dari tumor yang diderita Alif sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dia menyebutkan, ada penumpukan cairan di perut sehingga bocah tersebut merasa sesak.

Status gizi Alif pun mengalami penurunan karena penyakitnya tersebut. Karenanya, bocah itu langsung dibawa ke RSUD Indramayu atas perintah bupati.

"Jadi kita perbaiki dulu keadaan umumnya supaya kondisinya membaik. Nanti kalau sudah membaik, akan dirujuk ke RSHS Bandung," kata Deden.

Nina menyatakan, Alif harus mendapat perawatan terlebih dulu di RSUD Indramayu untuk kemudian dirujuk ke RSHS Bandung. Untuk biaya perawatannya, ditanggung BPJS. Sedangkan biaya kebutuhan hidup keluarganya selama di RS, akan dibantu oleh Baznas dan Pemkab Indramayu. "Saya miris dan tidak tega melihat kondisinya. Semoga Alif cepat sembuh," tandas Nina. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement