Selasa 26 Jan 2021 23:50 WIB

Indramayu Telah Siapkan Penyimpanan Vaksin

Vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Indramayu dijadwalkan datang pada Rabu (27/1)

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas meletakan vaksin COVID-19 Sinovac ke dalam lemari pendingin. Ilustrasi
Foto: Antara/Siswowidodo
Petugas meletakan vaksin COVID-19 Sinovac ke dalam lemari pendingin. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Indramayu dijadwalkan datang pada Rabu (27/1). Berbagai persiapan termasuk tempat penyimpanan vaksin telah disiapkan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Indramayu, Wawan Ridwan, menjelaskan, vaksin Covid-19 diberangkatkan dari Bandung, Rabu (26/1) sekitar pukul 08.0 WIB. Vaksin tersebut rencananya dibawa ke Kabupaten Indramayu melalui jalur pantura.

"Pendistribusian vaksin itu untuk tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon,’’ kata Wawan, Selasa (26/1).

Selama perjalanan, vaksin akan dikawal ketat oleh pihak kepolisian dari titik pemberangkatan sampai titik tujuan.

 

Wawan mengatakan, setelah sampai di Kabupaten Indramayu, vaksin Covid-19 akan disimpan di gudang farmasi Dinkes Kabupaten Indramayu. Di gudang tersebut, pihaknya sudah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana. Mulai dari vaccine freezer, vaccine carrier maupun petugas terlatih.

SOP saat penerimaan dan pendistribusian vaksin ke faskes juga telah disiapkan. Vaksin Sinovac itu akan disimpan pada suhu antara 2-8 derajat celsius agar tidak rusak.

Sementara itu, untuk jadwal pendistribusian vaksin ke puskesmas dan faskes lainnya, dilakukan mulai 28-30 Januari 2021. Sedangkan kegiatan vaksinasi, rencananya dilaksanakan Februari 2021.

Wawan menyebutkan, tahap pertama, jumlah vaksin akan diterima Kabupaten Indramayu mencapai 9.200 vial. Vaksin nantinya diprioritaskan lebih dulu untuk tenaga kesehatan (Nakes).

Selain itu, rencananya sepuluh tokoh dan pejabat publik juga akan menjadi orang pertama divaksinasi di Kabupaten Indramayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement