Rabu 28 Oct 2020 08:56 WIB

Polda Jabar Terjunkan 14 Ribu Personel Selama Libur Panjang

Di Puncak Bogor akan diberlakukan buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah petugas gabungan melakukan pembatasan kendaraan di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah petugas gabungan melakukan pembatasan kendaraan di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Polda Jawa Barat menerjunkan 14 ribu personel selama libur panjang pada akhir bulan Oktober hingga awal November. Para petugas akan melakukan pengamanan di sejumlah titik seperti jalan tol, pusat perbelanjaan, bandara, terminal hinhga rest area di dalam tol.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi Chaniago mengatakan para personel akan ditempatkan di jalur tol Cileunyi, Purbaleunyi, Jagorawi. Selanjutnya di pintu tol Palimanan, Pasteur serta di rest area dan tempat perbelanjaan di pasar, mal, terminal bus, bandara dan pelabuhan.

Ia melanjutkan, para petugas pula akan disiagakan di jalur wisata seperti Puncak Bogor, Lembang dan Pangandaran. Menurutnya, di Puncak Bogor akan diberlakukan buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan yang dikhawatirkan akan terjadi nanti.

"Kalau kepadatan sudah tidak terkendali mungkin ada buka tutup arus. Tentu tempat wisata bakal ada pengamanan," kata Erdi, Selasa (27/10).

 

Ia mengimbau wisatawan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Namun, menurutnya pihaknya mengimbau masyarakat lebih baik berada di rumah.

"Imbauan gunakan protokol kesehatan, tapi kita juga mengimbau untuk di rumah saja," katanya.

Berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri, hari libur nasional bulan Oktober pada Kamis (29/10) peringatan Maulid Nabi Saw. Sedangkan pada tanggal 28 dan 30 merupakan cuti bersama sedangkan tanggal 31 Oktober dan 1 November merupakan akhir pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement