Kamis 22 Oct 2020 12:17 WIB

TMMD Wujudkan Mimpi Jadi Kenyataan

Melalui TMMD, pembukaan jalan baru sepanjang 3.340 m telah membuka keterisolasian.

Kolonel Inf F.X. Welliyanto Kasih, Kapendam III/Slw
Foto: Pendam III Siliwangi
Kolonel Inf F.X. Welliyanto Kasih, Kapendam III/Slw

REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh : Kolonel Inf F.X. Welliyanto Kasih, Kapendam III/Slw

 

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 telah ditutup serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 21 Oktober 2020. Di wilayah Kodam III/Siliwangi, TMMD ke 109 dilaksanakan di empat wilayah antara lain Kodim 0601/Pandeglang, Kodim 0621/Kab Bogor, Kodim 0612/Tasikmalaya dan Kodim 0616/Indramayu. 

Di wilayah Kodim 0601/Pandeglang, berhasil membangun Jalan setapak membelah hutan. Dulunya, jalur ini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki, tapi kini kendaraan roda dua maupun roda empat bisa melaju di atasnya. 

Padahal, di ujung hutan itu ada sekitar 300 keluarga atau hampir seribu jiwa tinggal di dua desa, yakni Desa Babakan Cikeusik dan Desa Pisir Gadung. Kedua desa itupun terisolir oleh lebatnya hutan dan jauh dari keramain kota kecamatan Patia yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pemukiman kedua desa. 

Saat mereka ingin ke kota kecamatan untuk berbagai urusan mulai dari berkunjung ke sanak famili, belanja keperluan se hari-hari, sekolah, mengikuti pengajian, berobat ke puskesmas, dagang dan menjual hasil bumi hingga mengurus surat-surat penting di kantor kecamatan, warga masyarakat kedua desa itu sulit untuk melakukannya. Terasa jauh, sehingga harus mengeluarkan biaya ekstra besar untuk transportasi karena perjalanan yang harus memutar untuk sampai tujuan di kota kecamatan.

Pembukaan poros jalan baru sepanjang 3.340 meter dengan lebar 8 meter dilaksanakan selama satu bulan penuh. Semua dikerjakan oleh para prajurit Kodam III/Siliwangi dari Batalyon 320/BP, Kodim 0601/Pandeglang dibantu prajurit TNI AL dari Lanal Serang dan Polri serta didukung penuh masyarakat setempat.

Semuanya, bahu membahu tak kenal lelah membuat jalan setapak menjadi jalan lebar. Kelelahan dan daya upaya serta semua sumber daya yang dicurahkan untuk kepentingan rakyat terbayar sudah dengan terbukanya hutan lebat yang di tengah-tengahnya terlihat titian jalan membentang sepanjang 3.340 m X 8 m membuka asa mewujudkan mimpi masyarakat untuk bisa hidup lebih baik dan makin sejahtera.

pemberdayaan  masyarakat, sekaligus menguatkan sinerjitas aparatur negara, dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement