Senin 12 Oct 2020 20:14 WIB

Wali Kota Bandung Antisipasi Jelang Musim Hujan

Warga diminta bersiaga saat memasuki musim hujan karena potensi banjir dan longsor

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Hiru Muhammad
Pengendara melintasi derasnya arus air saat banjir di kawasan Cikutra, Kota Bandung, Ahad (16/2).
Foto: Abdan Syakura
Pengendara melintasi derasnya arus air saat banjir di kawasan Cikutra, Kota Bandung, Ahad (16/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengaku sedang berupaya melakukan antisipasi musibah jelang musim hujan. Salah satu yang dilakukan meminta dinas pekerjaan umum dan dinas tata ruang untuk mengecek wilayah yang rawan banjir di Kota Bandung."Ya, sudah terus kepada dinas terkait PU dan pengairan dan Distaru saya meminta agar terus menjaga dan mengecek wilayah yang biasa banjir," ujarnya, Senin (12/10). 

Menurutnya, pihaknya sudah memiliki beberapa kolam retensi yang harus dicek jelang musim hujan dan dipastikan harus betul-betuk berfungsi dengan baik menampung air. "Kalau ada hujan besar, kolam retensi bisa berfungsi dengan baik, insyallah bisa mengantisipasi," katanya.

Ia pun mengingatkan warga bersiaga saat memasuki musim hujan ini karena berpotensi mengakibatkan bencana banjir dan longsor. "Kepada seluruh masyarakat Kota Bandung, saya mengimbau mulai dari sekarang jaga kebersihan lingkungan, terutama sungai-sungai harus bersih," katanya.

Menurutnya, banjir, longsor, bahkan banjir bandang bisa datang tiba-tiba karena hujan besar atau kiriman air pascahujan besar di titik tertentu. Saat ini, ia juga sudah mulai menginstruksikan kepada dinas terkait dan aparat di wilayah supaya bersiaga dan memperkuat koordinasi saat musim hujan datang.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement