Rabu 23 Sep 2020 16:27 WIB

Wali Kota Bandung Ingatkan Warga Siaga Banjir

Warga Bandung diimbau jaga kebersihan memasuki musim hujan.

Wali Kota Bandung Ingatkan Warga Siaga Banjir. Wali Kota Bandung Oded M Danial.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Wali Kota Bandung Ingatkan Warga Siaga Banjir. Wali Kota Bandung Oded M Danial.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Oded M Danial mengingatkan warga bersiaga saat memasuki musim hujan ini karena berpotensi mengakibatkan bencana banjir dan longsor. "Kepada seluruh masyarakat Kota Bandung, saya mengimbau mulai dari sekarang jaga kebersihan lingkungan, terutama sungai-sungai harus bersih," kata Oded, Rabu (23/9).

Menurutnya, banjir, longsor, bahkan banjir bandang bisa datang tiba-tiba karena hujan besar atau kiriman air pascahujan besar di titik tertentu.

Baca Juga

Saat ini, ia juga sudah mulai menginstruksikan kepada dinas terkait dan aparat di wilayah supaya bersiaga dan memperkuat koordinasi saat musim hujan datang.

Namun, dia belum menyatakan di mana saja titik rawan banjir ataupun banjir bandang di Kota Bandung. Khusus kepada warga yang bermukim di bantaran sungai, ia minta meningkatkan kewaspadaan.

"Saya kira dimana pun warga yang ada di bantaran sungai hati-hati, karena bisa ada longsor tiba-tiba," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem di masa pancaroba atau peralihan musim.

Keberadaan awan Comulonimbus saat ini berpotensi menyebabkan terjadinya hujan lebat disertai angin dan petir. Cuaca ekstrem ini diperkirakan berlangsung hingga awal Oktober.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement