Selasa 25 Aug 2020 14:18 WIB

Ridwan Kamil Mulai Rangkaian Uji Klinis Vaksin

Ridwan Kamil, Pangdam, dan Kapolda Jabar memulai tahap satu rangkaian uji klinis

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Pangdam/III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi memulai rangkaian sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Selasa (25/8).

Berdasarkan pantauan, Ridwan Kamil datang setelah Pangdam dan Kapolda  lebih dahulu sampai ke Puskesmas Garuda. Ridwan Kamil sendiri sampai di Puskesmas pukul 13.00, ditemani sang istri Atalia Praratya. Keduanya, disambut para petugas puskesmas dan tim penguji vaksin dari Universitas Padjadjaran, kemudian masuk ke puskesmas untuk menjalani kunjungan pertama atau Visit 0.

"Saya, Pak Pangdam, dan Pak Kapolda akan memulai serangkaian proses tes uji vaksin, sebagai relawan. Kami dengar ada beberapa tahap, kita akan memulai di tahap satu," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil ini di Markas Kodam III/Siliwangi, satu jam sebelum mendatangi Puskesmas Garuda.

Menurut Emil, pihaknya memutuskan menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 sebagai upaya bela negara dan juga upaya memerangi Covid-19 dengan cara memastikan keefektivan vaksin tersebut.

"Mudah-mudahan dengan kami ikut, sehingga kami bisa menjawab semua pertanyaan, karena kami bagian dari proses tes vaksin secara langsung, kalau berhasil seperti apa, kalau kurang seperti apa," kata Emil.

Menurut Emil, dirinya termasuk Pangdam dan Kapolda telah mempersiapkan kesehatannya untuk menjadi relawan tersebut.

"Saya pribadi mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Sudah seminggu terakhir menjaga makan, menjaga tidur, olah raga dan lain-lain, mudah-mudahan dalam kondisi yang terbaik pada saat melakukan pengetesan. Demikian juga dengan Pangdam dan Kapolda," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement