Kamis 06 Aug 2020 15:11 WIB

Bidan Didorong Profesional di Tengah Pandemi Covid-19

Bidan tetap memiliki andil besar dalam layanan ke warga terutama di masa pandemi

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
ilustrasi.Mengawasi pertumbuhan anak di posyandu merupakan cara pencegahan stunting.
Foto: Istimewa
ilustrasi.Mengawasi pertumbuhan anak di posyandu merupakan cara pencegahan stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Para bidan di Kota Sukabumi didorong untuk profesional tengah masa pandemi Covid-19. Khususnya dalam pelayanan kepada warga.

Hal ini  disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ketika meresmikan Gedung Sekretariat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kota Sukabumi, Rabu (5/8). '' Keberadaan sekretariat ini dapat melahirkan bidan profesional dalam pelayanan terbaik kepada masyarakat,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, di Sekretariat IBI, Perumahan the Emerald Residence Jalan Benteng Kidul Blok A No 1 RT 03 RW 03 Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong.

Fahmi mengatakan, tujuan bernegara yakni melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, salah satunya urusan wajib baik pemerintah pusat dan daerah yakni bidang kesehatan. Dalam urusan ini semua pihak terlibat termasuk semua organisasi profesi kesehatan salah satunya IBI.

Di mana lanjut Fahmi, alhamdulillah IBI mempunyai sekretariat karena belum semua organisasi memiliki sekretariat dan menunjukkan kekuatan para bidan. Namun sejatinya bukan hanya memiliki sekretariat semata melainkan bersepakat bahwa tujuan IBI dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Apalagi betapa besar peran dan fungsi bidan khususnya karakter seseorang ditentukan dari tangan pertama yang menyentuh bayi pada saat dilahirkan. Terutama di masa pandemi Covid-19 ini, pelayanan kepada warga tetap diberikan dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Harapannya ungkap Fahmi, dari sekretariat ini akan lahir bidan profesional karena menjadi tempat mendidik, melatih dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Oleh karenanya pemkot mengucapkan terimakasih kepada IBI karena mendukung program pemerintah bidang kesehatan.

Ketua IBI Cabang Kota Sukabumi Tatin Romlah mengatakan, kehadiran wali kota dalam peresmian sebagai bentuk dukungan dan energi bagi bidan di wilayah Kota Sukabumi. Dengan adanya sekretariat ini para bidan akan lebih meningkatkan komitmen pelayanan kepada warga. Pada masa pandemi ini para bidan tetap memberikan pelayanan yang maksimal. Hal ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement