Ahad 02 Aug 2020 18:04 WIB

DAOP 1 Baru Operasikan KA Lokal Siliwangi

Menurut data PT KAI ada 28 perjalanan KA Lokal Daop 1 yang sementara tidak beroperasi

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
KA Siliwangi jurusan Sukabumi-Ciranjang tengah bersiap berangkat dari Stasiun Sukabumi
Foto: riga nurul iman
KA Siliwangi jurusan Sukabumi-Ciranjang tengah bersiap berangkat dari Stasiun Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kereta Api (KA) Siliwangi jurusan Sukabumi-Ciranjang, Cianjur menjadi salah satu kereta api  (KA) lokal di Daop 1 Jakarta yang beroperasi di masa pandemi Covid-19. Sebab KA lokal lainnya hingga kini belum bisa beroperasi seperti KA Pangrango jurusan Sukabumi-Bogor.

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta baru menjalankan satu KA Lokal untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian menggunakan Kereta Api pada Agustus 2020," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada wartawan, Ahad (2/8). Di mana di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, KA Lokal yang beroperasi hanya KA Siliwangi relasi Sukabumi–Ciranjang.

KA tersebut dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi yakni KA Siliwangi (498) pukul 05.45 WIB, KA Siliwangi (500) pukul 10.55 WIB, dan KA Siliwangi (502) pukul 16.15 WIB. Pengoperasian KA Lokal ini dengan tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 75 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang. Eva menerangkan, evaluasi di lapangan terus dilakukan untuk mengetahui minat masyarakat dalam menggunakan KA Lokal di wilayah Daop 1.

Menurut dia, PT KAI juga menetapkan persyaratan yang perlu diperhatikan masyarakat jika ingin naik KA Lokal. Di antaranya calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam.

Syarat lainnya ungkap Eva, calon penumpang wajib menggunakan masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. Selain itu menggunakan pakaian pelindung seperti jaket atau pakaian lengan panjang.

Di samping itu lanjut Eva, pemesanan tiket KA Lokal dapat dilakukan H-7 sebelum keberangkatan melalui Aplikasi KAI Access, serta dapat melakukan pembelian tiket go show di loket stasiun. Ia mengatakan secara total terdapat 31 perjalanan KA Lokal di wilayah Daop 1 Jakarta, 28 perjalanan KA diantaranya belum beroperasi hingga Agustus 2020.

Berdasarkan data PT KAI ada 28 perjalanan KA Lokal Daop 1 yang tidak dioperasikan sementara secara bertahap sejak 1 April 2020 hingga sekarang. Rinciannya 3 KA Pangrango (Sukabumi-Bogor), 3 KA Pangrango (Bogor-Sukabumi), 6 KA Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung). KA lainnya yaitu 6 KA Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak), 6 KA Walahar (Tanjung Priuk-Purwakarta), 4 KA Jatiluhur (Tanjung Priuk-Cikampek). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement