Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Warga Mulai Buru Ratusan Produk UMKM di Pasarsukabumi.Com

Ahad 02 Aug 2020 16:28 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni meluncurkan market place www.pasarsukabumi.com dalam membantu pemasaran produk UMKM di masa pandemi di Balai Kota Sukabumi, Selaa (21/7)

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni meluncurkan market place www.pasarsukabumi.com dalam membantu pemasaran produk UMKM di masa pandemi di Balai Kota Sukabumi, Selaa (21/7)

Foto: riga nurul iman
UMKM yang sudah terdata sampai sekarang sebanyak 175 unit.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kehadiran market place lokal di Kota Sukabumi yang mempromosikan produk UMKM lokal di masa pandemi Covid-19 mendapatkan sambutan positif dari warga. Sebab sejak diluncurkan pada 21 Juli 2020 lalu mulai banyak masyarakat yang membeli produk UMKM lokal yang dipasarkan melalui www.pasarsukabumi.com.

Sebelumnya soft launching market place ini dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, perwakilan Forkopimda serta Sukabumi Creative Hub (SCH), Sukabumi Kece, dan tim sinergitas ABCGM di Balai Kota Sukabumi, Selasa (21/7).

Keberadaan market place ini digagas pendamping UMKM Kota Sukabumi yang tergabung dalam Mata Elang Team."UMKM yang sudah terdata sampai sekarang sebanyak 175 unit," ujar koordinator Pendamping UMKM Kota Sukabumi yang membentuk kumpulan pendamping UMKM, Mata Elang Team, Sri Puji Rahayu kepada Republika, Ahad (2/8).

Setiap hari  banyak pelaku UMKM yang ingin dipasarkan produknya melalui www.pasarsukabumi.com. Fuji menerangkan, perincian UMKM yang sudah terdata yakni jenis makanan minunan sebanyak 145 pelaku UMKM, kerajinan 10, Fashion 15, jasa 1, pertanian 2, dan fresh food 2 pelaku usaha.

Menurut Fuji, satu minggu setelah soft launching sudah ada transaksi kotor sekitar Rp 10 juta. Diperkirakan jumlah transaksi akan semakin meningkat karena peluang masih terbuka lebar.

Salah satunya pengunjung website terang Fuji, belum begitu mengenal untuk itu pihaknya akan terus mempromosikan market place ini. Sehingga ia bersama tim akan mencoba bekerjasama dengan berbagai pihak agar bisa mempromosikan maksimal market place tersebut.

Harapannya produk UMKM lokal Sukabumi bisa terangkat ke regional, nasional bahkan mendunia."Kami juga akan bersinergi dengan pendamping UMKM Kabupaten Sukabumi dan Insya Allah akan bersilaturahmi kepada bupati Sukabumi karena ini masuk Sukabumi raya,"  kata Fuji. 

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot mengucapkan apresiasi kepada pendamping UMKM yang menginisiasi lahirnya website. Seperti diketahui UMKM dalam beberapa bulan terakhir kesulitan dan saatnya mari bangkit bersama dan berkolaborasi dan bergandeng tangan serta yang terpenting terus bergerak dan berusaha.

"Pemda berharap dengan www.pasarsukabumi.com semua produk UMKM rumahan jadi naik kelas mencicipi pemasaran digital yang harus dilakukan sekarang," kata Fahmi. Bahkan, produk UMKM tidak hanya diposting di www.pasarsukabumi.com, akan tetapi ada media digital lain karena semakin banyak semakin bagus ada alternatif promosi dan yang diuntungkan UMKM.

Saat ini ungkap Fahmi, dibangun semangat kebersamaan dengan adanya www.pasarsukabumi.com dalam menggairahkan dan membangkitkan UMKM di Sukabumi. Apalagi banyak produk UMKM Sukabumi di ekspor ke berbagai negara dan jadi kebanggaan dan yang berhasil harus mengangkat yang lain.

Di sisi lain produk UMKM lokal juga dipromosikan melalui instagram pribadi wali kota Sukabumi. "Di instagram pribadi saya juga sudah ada ratusan pelaku UMKM yang mendaftar untuk dipromosikan dan secara bertahap diposting," kata Fahmi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA