Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Pemkab Karawang Bakal Buat Jalur Khusus Sepeda

Rabu 15 Jul 2020 11:36 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih

Sejumlah warga mengendarai sepeda saat gelaran Car Free Day (CFD).

Sejumlah warga mengendarai sepeda saat gelaran Car Free Day (CFD).

Foto: Republika/Thoudy Badai
Jalur akan ada di Jalan Ahmad Yani, Tujuh Pahlawan Revolusi, Galuhmas, Tarumanegara

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Perhubungan rencananya akan membuat jalur khusus untuk pesepeda di jalan raya. Rencana ini menjadi kabar baik untuk memberikan rasa aman bagi para pengguna sepeda.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Arief Bijaksana Maryugo mengatakan pihaknya akan mengajukan pembangunan jalur sepeda tahun depan. Rencananya, jalur sepeda akan dibuat di Jalan Ahmad Yani, Tujuh Pahlawan Revolusi, Galuhmas dan Tarumanegara.

“Tren bersepeda sudah mulai menjadi gaya hidup sehari-hari di kalangan masyarakat,” kata Arief kepada Republika, Senin (13/7).

Untuk mendukung hidup sehat masyarakat, pemerintah berupaya memberikan fasilitas pembangunan. Sarana publiknya pun harus disiapkan.  Jalur sepeda tersebut bakal dibuat secara ideal sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Ia menuturkan di Jalan Siliwangi sudah ada jalur sepeda namun kondisinya belum layak. Segingga akan dibenahi seiring pelebaran jalan tersebut.

“Kelanjutannya sedang kita bahas dan kaji termasuk anggarannya, tapi akan usulkan supaya dibangun beberapa jalur sepeda tahun 2021 nanti,” tuturnya.

Berdasarkan pendataan komunitas Bike to Work Indonesia, pengguna sepeda di Karawang sudah mencapai sekira 10 ribu orang. "Kami peroleh data itu dari survey ke seluruh komunitas penggemar sepeda di Karawang," kata Muhammad Syahrul Ramdhani dari Bike to Work Karawang dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id.

Syahrul mengaku menyambut dengan gembira rencana Dishub Karawang tersebut. Ia memastikan, jalur sepeda jadi hal yang ditunggu-tunggu para goweser di Karawang.

"Jalur sepeda jadi salah satu indikator suatu kota bisa disebut modern dan maju," ujar Arul.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA