Kamis 28 May 2020 20:09 WIB

Terinfeksi Secara Lokal, IRT di Indramayu Positif Covid-19

Pasien ini terkonfirmasi positif Covid-19 terinfeksi lokal, bukan dari pendatang.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara.
Foto: Dok Diskominfo Indramayu
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Seorang ibu rumah tangga (IRT) di Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu, terkonfirmasi positif Covid-19. Kasus itu telah menambah jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Indramayu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, mengatakan, penambahan kasus itu diketahui setelah pihaknya menerima hasil pemeriksaan swab dari Labkesda Provinsi Jabar pada Rabu (27/5) sekitar pukul 14.00 WIB.

‘’Pasien yang terkonfirmasi positif tersebut yakni Ny YM (36), berasal dari Kecamatan Anjatan dan merupakan seorang ibu rumah tangga,’’ kata Deden, Kamis (28/5).

Deden menjelaskan, Ny YM awalnya berobat ke Poli Bedah Syaraf RSUD Pantura Indramayu pada 14 Mei 2020. Karena ada penyakit kelainan otak atau AVM Intra Cranial, dokter yang menanganinya kemudian merujuk pasien tersebut ke RS PON Jakarta untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Setelah kontak dengan RS rujukan, pihak dokter di sana memberikan saran agar pasien tersebut dilakukan rapid test terlebih dahulu. Dari hasil rapid test, ternyata reaktif sehingga pasien langsung dilakukan tes swab. Hasil swab menunjukkan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

‘’Pasien ini terkonfirmasi positif Covid-19 terinfeksi lokal, bukan dari pendatang,’’ kata Deden. Dia menyebutkan, selama ini suami pasien sering bolak-balik ke Jakarta.

Deden mengatakan, pasien tersebut kini sudah menjalani perawatan dan isolasi di RS Bhayangkara. Pasien pun dalam kondisi baik. ‘’Kami juga sudah melakukan tracing dan tracking terhadap kontak erat pasien sekaligus melakukan pengambilan swab terhadap keluarganya,’’ kata Deden.

Deden menambahkan, dengan adanya penambahan kasus tersebut, maka jumlah total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu hiingga Kamis (28/5) mencapai 16 orang. Dari jumlah tersebut, pasien yang dinyatakan sembuh ada tiga orang, meninggal dunia tiga orang, dan sisanya masih dalam perawatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement