Kamis 28 May 2020 17:10 WIB

Pedagang Pasar Sumber akan Jalani Tes Massal Covid-19

Tes massal Covid-19 akan dilakukan terhadap pedagang di Pasar Sumber, Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Reiny Dwinanda
Rapid test Covid-19. Dua pedagang Pasar Sumber, Cirebon, Jawa Barat positif Covid-19.
Foto: ANTARA /Harviyan Perdana Putra
Rapid test Covid-19. Dua pedagang Pasar Sumber, Cirebon, Jawa Barat positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Dua orang pedagang di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk mengantisipasi penyebaran virus itu secara lebih luas, Pemkab Cirebon menutup sementara pasar itu selama 14 hari ke depan.

Hal itu disampaikan Bupati Cirebon, Imron Rosyadi. Dia mengatakan, terungkapnya kasus positif yang dialami kedua pedagang itu diperoleh setelah dilakukannya swab massal pada Senin (18/5) lalu.

Baca Juga

"Ya benar, ada dua pedagang yang positif Covid-19 di Pasar Sumber," ujar Imron usai menggelar rapat bersama Forkopimda di Ruang Paseban Kantor Bupati Cirebon, Kamis (28/5).

Upaya pengujian dan pelacakan kontak terhadap kedua pedagang itupun telah dilakukan. Hasilnya, salah satu pedagang diketahui kerap berbelanja setiap dua hari sekali ke Pasar Balong, Kota Cirebon, sedangkan satu pedagang lainnya memiliki riwayat perjalanan ke Bandung.

Selain itu, diketahui pula ada 40 orang yang sempat melakukan kontak secara langsung dengan kedua pedagang tersebut. Meski demikian, pihak Gugus Tugas belum dapat memastikan sumber terpaparnya kedua pedagang tersebut.

"Sebanyak 40 orang yang sempat kontak dengan kedua pedagang itu akan menjalani pemeriksaan swab," jelas Imron.

Sementara itu, setelah mengetahui adanya dua orang pedagang yang positif Covid-19, Pemkab Cirebon langsung memutuskan untuk menutup sementara Pasar Sumber mulai Jumat, 29 Mei 2020 hingga 11 Juni 2020. Hal itu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Pasar Sumber ditutup sementara selama 14 hari, mulai nanti malam (Jumat) pukul 00.00 WIB," tutur Imron.

Pemkab Cirebon pun langsung mensosialisasikan penutupan Pasar Sumber kepada para pedagang. Ada sekitar 600 orang pedagang yang berjualan di pasar tersebut.

Selama penutupan 14 hari itu, Pemkab Cirebon akan melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Sumber. Petugas TNI/Polri bersama Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon juga disiagakan di pasar tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Pemkab Cirebon juga akan segera melakukan swab massal bagi pedagang Pasar Sumber. Pemeriksaan swab terutama untuk 100 orang pedagang yang berdekatan dengan lapak pedagang yang positif tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement