Ahad 26 Apr 2020 21:10 WIB

Satu Pasien Positif Covid-19 Ditemukan di Pangandaran

Pasien berjenis kelamin perempuan berusia 67 tahun.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Tenaga medis wanita beraktivitas dalam balutan APD. (ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Tenaga medis wanita beraktivitas dalam balutan APD. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran mengonfirmasi pasien positif Covid-19 pertama di wilayahnya. Pasien berjenis kelamin perempuan berusia 67 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Yani Achmad Marzuki mengatakan, pasien itu berasal dari Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Saat ini, pasien menjalani isolasi di RSUD Kota Banjar.

Baca Juga

"Benar kita konfirmasi satu pasien positif Covid-19. Kasus ini yang pertama di Pangandaran," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (26/4).

Ia mengatakan, awalnya pasien tak masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP). Semula, pasien diagnosis stroke dan hipertensi. Namun, setelah dilakukan tes swab, hasilnya pasien positif terpapar viru corona.

 

Yani menjelaskan, pasien tak memiliki rowayat berpergian keluar Pangandaran. Namun, sekira satu bulan lalu pasien mengunjungi saudaranya yang sakit di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. "Di sana dia bertemu saudaranya yang sakit. Saudaranya meninggal seminggu lalu," kata dia.

Setelah berkunjung ke rumah saudaranya yang sakit itu, pasien menderita sakit. Sebelum dirujuk ke RSUD Kota Banjar, pasien sempat dirawat di Puskesmas Selasari, Kecamatan Parigi, terlebih dahulu.

Yani mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penelusuran (tracing) warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19. "Besok keluarga pasien akan kita data dan besok akan kita tracing di Puskesmas Selasari dam Puskesmas Padaherang," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement