Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Pemkot Jakbar Bangun Tanggul Kali Pesanggrahan Tahun Depan

Selasa 06 Dec 2022 07:19 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Warga melintasi banjir yang menggenangi permukiman di Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan disebabkan Kali Pesanggrahan yang meluap. Pemkot Jakbar bakal membangun tanggul di Kali Pesanggrahan pada 2023 mendatang.

Warga melintasi banjir yang menggenangi permukiman di Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan disebabkan Kali Pesanggrahan yang meluap. Pemkot Jakbar bakal membangun tanggul di Kali Pesanggrahan pada 2023 mendatang.

Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Pemkot Jakbar bakal membangun tanggul di Kali Pesanggrahan pada 2023 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) membangun tanggul di sepanjang Kali Pesanggrahan,Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada 2023.

"Kali Pesanggrahan ini dari pinggir tol sampai ke Kali Mookervart sepanjang empat kilometer memang belum diturap. Namun, pada 2023 di kanan kiri kali, kita akan tanggul," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko di Jakarta, Senin (5/12/2022).

Baca Juga

Pembangunan tersebut diajukan dalam Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) untuk 2023. Namun demikian, Yani belum bisa menyebutkan nilai anggaran untuk pembangunan tanggul itu.

Yani mengatakan, pembangunan tanggul tersebut dilakukan guna menahan luapan air dari hulu ke hilir yang kerap menggenangi permukiman warga.

Yani menjelaskan, wilayah Jakarta Barat merupakan dataran terendah dari seluruh wilayah DKI Jakarta sehingga Jakarta Barat kerap menjadi penampungan air yang mengalir dari hulu.

Dengan adanya tanggul tersebut, air diharapkan bisa tertahan dan dialihkan langsung ke laut. Tidak hanya membangun tanggul, Yani juga berencana akan membangun pintu air di kawasan yang berhimpitan dengan pecahan Kali Pesanggrahan.

"Kita akan buatkan pintu air. Nah ketika air tinggi, maka kita akan tutup biar airnya langsung ke arah Kali Pesanggragan ke Cengkareng Drain, ke laut," jelas dia.

Dengan upaya tersebut, dia berharap banjir yang disebabkan oleh air kiriman di kali bisa teratasi sehingga warga bisa tinggal dengan aman di permukiman sekitar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA