Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

PNJ dan Jawara Depok Latih Keuangan Dasar Khusus UMKM

Ahad 04 Sep 2022 15:00 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Andi Nur Aminah

Kegiatan ini dihadiri pelaku UMKM di Kecamatan Cinere, Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kota Depok, khususnya bagi anggota Komunitas Jaringan Wirausaha (JAWARA) Cabang Cinere, Depok, mendapatkan Pelatihan dan Pendampingan Akuntansi Sederhana dari para dosen dan mahasiswa  program studi (Prodi) D4 Akuntansi Keuangan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Adapun kegiatan ini selain dihadiri oleh para peserta pelaku UMKM di Kecamatan Cinere, Depok.

Selain itu hadir juga sejumlah dosen dan mahasiswa Prodi D4 Akuntansi Keuangan Jurusan Akuntansi PNJ. Kegiatan ini pun menghadirkan Titi Suhartati selaku Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan PNJ, Ubaidillah selaku Ketua Komunitas JAWARA Depok, serta Sugianto Camat Cinere Depok yang berkenan memberi sambutan sekaligus membuka acara.

Baca Juga

Ketua Panitia dan juga Kepala Prodi D4 Akuntansi Keuangan Jurusa Akuntansi PNJ, Yusep Friya Purwa Setya mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan akuntansi sederhana. Meliputi pencatatan akuntansi atas kegiatan usaha dan cara penentuan beban pokok produksi. 

"Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan kemandirian ekonomi dan keterampilannya dalam arti sudah dapat mengelola sendiri keuangan usaha melalui pemahaman pencatatan akuntansi sederhana dan penentuan beban pokok produksi, yang pada akhirnya mampu mempertahankan kelangsungan usaha mereka," ujarnya, Ahad (4/9/2022).

Sementara itu, Camat Cinere Sugianto mengharapkan agar kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan ditingkatkan, agar para pelaku UMKM di Kecamatan Cinere memiliki pemahaman yang mumpuni di bidang keuangan. Hal serupa juga disampaikan agar ke depan kegiatan serupa dapat diberikan kepada tidak hanya anggota komunitas JAWARA yang ada di Kecamatan Cinere, namun juga semua pelaku UMKM anggota Komunitas JAWARA yang hingga kini telah mencapai lebih dari lima ribu anggota.

Sebelum pemberian materi, para peserta mengisi tes awal untuk melihat kemampuan awal peserta bidang akuntansi sederhana. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh dua orang dosen Akuntansi Jururusan Akuntansi PNJ yaitu Desyria Pratiwi, dan Ridwan Zulpi Agah. 

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, permasalahan prioritas bisa diselesaikan mencakup rendahnya pemahaman pencatatan keuangan, dapat diselesaikan melalui pelatihan akuntansi sederhana. Begitu pula rendahnya pemahaman penentuan beban pokok produksi yang dapat diselesaikan melalui pelatihan akuntansi biaya. 

Mengingat masih belum cukupnya dukungan pembinaan keterampilan hardskill di bidang akuntansi hanya melalui kegiatan pelatihan, maka Prodi D4 Akuntansi Keuangan Jurusan Akuntansi PNJ berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan memberikan kegiatan pendampingan di bidang akuntansi oleh tim dosen dan mahasiswa. Tujuannya untuk memastikan pengetahuan akuntansi hasil pelatihan dipahami dan diterapkan dengan tepat sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA