Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Sirkuit Formula E di Ancol Jadi Arena Jakarnaval 2022 Akhir Pekan Ini

Jumat 12 Aug 2022 08:04 WIB

Red: Nur Aini

Pawai Jakarnaval. ilustrasi

Pawai Jakarnaval. ilustrasi

Foto: Fakhri Hermansyah
Ada tujuh kreatifitas kekayaan intelektual lokal yang ditampilkan di Jakarnaval 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menjadikan Sirkuit Formula E (Jakarta International E-Prix Circuit/ JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, sebagai arena (venue) salah satu kirab budaya terbesar di Indonesia atau Jakarnaval 2022.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Andhika Permata dalam konferensi pers di JIEC Ancol, Jakarta Utara, Kamis (12/8), mengatakan pihaknya melangsungkan ajang unggulan DKI Jakarta yang berusia 23 tahun itu pada Ahad (14/8) pukul 15.00-20.00 WIB.

Baca Juga

Andhika menambahkan Jakarnaval tahun ini sudah masuk ke dalam program Kharisma Event Nusantara Kementerian Parekraf Republik Indonesia. Sehingga, penyelenggaraan acara nanti merupakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta bersama Kemenparekraf, kemudian didukung Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Propertindo, dan Mal Ancol Beach City (ABC Mall).

"Kami melihat ini merupakan suatu upaya membangkitkan dan memulihkan ekonomi Jakarta dan ekonomi nasional melalui penyelenggaraan event," ujar Andhika.

Andhika menilai penyelenggaraan kegiatan itu merupakan suatu atraksi untuk menarik pengunjung mendatangi suatu arena dan juga memfasilitasi seni pertunjukan dan seni budaya.

Lebih lanjut, Andhika menyebutkan yang menjadi pembeda antara Jakarnaval 2022 dengan tahun-tahun sebelumnya, karena mengangkat kreativitas dari anak-anak Jakarta dengan memunculkan legenda nusantara, sepertiButo Ijo, Rama-Sinta, Bawang Putih-Bawang Merah, dan lain-lain dengan penampilan yang modern.

Alasan penampilan dibuat lebih modern agar mengenalkan legenda-legenda nusantara itu kepada generasi muda bahwa ada banyak kreatifitas kekayaan intelektual yang keren asalnya dari Indonesia, bukan dari luar negeri.

"Kami ingin kekayaan intelektual nusantara untuk dunia bergaung dengan tampilan modern dan di venue yang luar biasa di Ancol Taman Impian juga sirkuit balap satu-satunya di Indonesia yang memiliki sertifikasi langsung dari Federasi International Automobile," ucap Andhika.

Sehingga, menurut Andhika, menjadikan acara ini bangkit sebagai karnaval berkelas internasional yang dipersembahkan untuk anak-anak nusantara dan dunia.

Sementara itu, Direktur Proyek Jakarnaval 2022 Basid Faisal Nurdin mengatakan ada tujuh kreatifitas kekayaan intelektual lokal yang ditampilkan di JIEC Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada Ahad (14/8) mendatang.

Basid menambahkan, pada saat kirab budaya digelar, masing-masing kreatifitas kekayaan intelektual tersebut akan diceritakan kisahnya kepada penonton Jakarnaval 2022.

"Kami ada tujuh Intellectual property (IP), ada Keong Mas, Si Jampang, Pitung, dan lain-lain. Jadi masyarakat yang datang langsung ke Ancol untuk ikut memeriahkan Jakarnaval akan menyaksikan sejarah terciptanya parade yang luar biasa, khususnya di Jakarta," kata Basid.

Selain itu, kata Basid, juga ada hiburan musik dari artis nasional seperti Armada, Lyodra, dan Juicy Luicy.

Seluruh pengunjung Taman Impian Jaya Ancol memperoleh kesempatan menyaksikan Jakarnaval 2022 secara gratis apabila sudah membeli tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol secara daring melalui www.ancol.com.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA