Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Adu Bakat di Panggung Tarik Suara, Jurnalis Jabodetabek Hadapi 'Perlawanan' Ketat

Ahad 07 Aug 2022 23:59 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Musik (ilustrasi)

Musik (ilustrasi)

Foto: Wikimedia
Peserta yang tersaring bakal tampil di Grand Final Festival Karaoke.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 30 peserta terdaftar secara resmi bersaing dalam babak penyisihan Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa 2022 di Maxi Café, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (6/8/2022). Para peserta menampilkan bakat mereka setelah sehari-hari menjalani rutinitas sebagai jurnalis dan karyawan korporasi.

Para peserta itu terdiri atas 15 orang kategori korporasi dan 15 peserta kategori media massa. Para peserta yang tampil dinilai oleh tiga juri yaitu Maxi King of Soul, Ranie Klees, dan Hariyanto Boejl. Setelah melalui proses seleksi, masing-masing kategori akan terpilih tiga finalis. Para finalis akan tampil dalam babak puncak yang digelar di Maxi Café, 20 Agustus 2022.

Baca Juga

“Mereka dinilai berdasarkan teknik vokal, penampilan di atas panggung, dan pemahaman tentang lagu yang dibawakan,” kata Ranie Klees di sela penjurian. 

Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa kembali digelar tahun ini setelah sempat vakum lantaran pandemi Covid-19. 

Dalam event Kali ini, BNI kembali turut berpartisipasi dan mendukung Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa 2022. Festival yang diprakarsai Empat Mata Elang, salah satu promotor musik ternama tanah air, ini sudah digelar sebanyak tiga kali sejak 2017, 2018, dan 2019.

Festival karaoke ini sempat vakum pada 2020 dan 2021 lantaran pandemi Covid-19. Tahun ini, festival bergengsi tersebut akhirnya kembali digelar.

“Festival Karaoke Korporasi dan Media merupakan ajang bagus untuk silaturahmi bagi wartawan dan karyawan korporasi. Selain menjalin tali silaturahmi, festival ini merupakan kesempatan bagi karyawan media massa dan korporasi, BUMN untuk menampilkan keahliannya dalam seni musik dan vokal. Semoga acara ini  dapat berjalan lancar dan sukses,” kata Wakil Pemimpin Divisi I Divisi Komunikasi Perusahaan dan Kesekretariatan BNI, Selly Adriatika dalam keterangan resmi.

Dalam kesempatan itu, CEO Empat Mata Elang, M Soleh turut menjelaskan mengenai dunia seni musik. Menurut dia, seni musik adalah hasil cipta sebagai bentuk pengungkapan perasaan dan emosi yang dituangkan dalam bentuk suara atau audio dengan memperhatikan unsur-unsurnya berupa sehingga menghasilkan nada yang indah.

Musik terdiri atas beberapa unsur, yaitu melodi, harmoni, ritme, dan timbre. Musik termasuk sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki, dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Musik adalah sebuah fenomena unik yang dihasilkan oleh beberapa alat musik.

“Tujuan acara ini di antaranya untuk menjalin keakraban antara wartawan dan korporasi, BUMN khususnya lewat seni musik. Diharapkan, melalui seni musik, semua orang dapat saling bertemu dan saling mengenal dan terjalin kebersamaan,” kata M Soleh.

Gelaran Festival Karaoke ini bakal menyaring kandidat peserta pria maupun wanita. Peserta yang tersaring bakal tampil di Grand Final Festival Karaoke di Cafe Maxi, 15th Park Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 Agustus 2022, mulai pukul 19.00 WIB.

Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa 2022 bakal menyediakan hadiah total bagi juara sebesar Rp 20 juta. Peserta festival karaoke ini merupakan wartawan dan fotografer yang bekerja di media cetak, online, maupun televisi atau di perusahaan BUMN/Swasta, terutama dari pihak sponsorship.

Dalam gelarannya, sejumlah wartawan bersuara emas mendapatkan perlawanan dari para perwakilan korporasi yang juga punya kemampuan dalam bernyanyi.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA