Rabu 06 Jul 2022 15:44 WIB

Lingkungan dan Lalu Lintas Pasar Sipon Ditata Pemkot Tangerang

penataan Pasar Sipon yang tidak hanya fokus pada penataan tempat berjualan.

Camat Cipondoh Rizal Ridollah di Tangerang, Banten, Selasa (5/7/2022), mengatakan penataan kawasan Sipon dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya seperti Dinas PUPR, Satpol, Disbupar dan Dinas Lingkungan Hidup.
Foto: Istimewa
Camat Cipondoh Rizal Ridollah di Tangerang, Banten, Selasa (5/7/2022), mengatakan penataan kawasan Sipon dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya seperti Dinas PUPR, Satpol, Disbupar dan Dinas Lingkungan Hidup.

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten, melalui pihak Kecamatan Cipondoh melakukan penataan Pasar Sipon yang tidak hanya fokus pada penataan tempat berjualan pedagang tetapi juga keindahan lingkungan sekitar dan ketertiban lalu lintas. Camat Cipondoh Rizal Ridollah di Tangerang, Banten, Selasa (5/7/2022), mengatakan penataan kawasan Sipon dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya seperti Dinas PUPR, Satpol, Disbupar dan Dinas Lingkungan Hidup.

Harapannya adalah terwujudnya kawasan yang nyaman untuk berbelanja, lancar dilalui kendaraan dan indah karena lingkungan yang bersih serta hijau.

Baca Juga

"Kecamatan Cipondoh berkomitmen untuk mewujudkan kawasan Pasar Sipon ini bersih dan hijau serta tempat yang nyaman untuk belanja. Apalagi ini sesuai dengan harapan masyarakat sebelumnya agar kawasan ini ditata lebih rapih. Maka itu kita bekerjasama dan memberikan kesadaran juga bagi masyarakat terhadap pentingnya kebersihan lingkungan," ujarnya.

Ia mengatakan penataan kawasan Pasar Sipon yang dilakukan meliputi dari perempatan di Kelurahan Poris Plawad Utara hingga gondrong. Sesuai dengan instruksi Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah pada saat melihat kawasan Pasar Sipon, 12 Juni 2022, para pedagang diimbau untuk tidak membuang sampah ke kali sipon karena akan menyebabkan pencemaran lingkungan dan menimbulkan tumpukan sampah.

Begitu juga dengan mengubah gaya hidup masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Untuk itu, di sepanjang badan Kali Sipon telah dilakukan penataan oleh Dinas Budpar melalui bidang pertamanan dengan melakukan penghijauan sehingga mencegah adanya pembuangan sampah secara sembarangan.

Kemudian pedagang yang berjualan di sisi jalan pun ditertibkan ke lokasi yang sudah disediakan. Hal ini melalui pengawasan yang dilakukan anggota Tramtib Kecamatan Cipondoh dan Satpol PP selama 24 Jam.

Tak hanya mengawasi pedagang berjualan di tempat yang dilarang, petugas juga mengawasi aktivitas warga untuk tidak membuang sampah secara sembarangan ke Kali Sipon.

"Kita sudah lakukan kegiatan bersih-bersih Kali Sipon dan penanaman pohon peneduh. Kita juga edukasi warga sekitar agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Kepala Seksi Tramtib Kecamatan Cipondoh Hendra menambahkan kini lalu lintas di seputar pasar Sipon sudah kembali lancar dilalui pengendara. Sebagai upaya pengawasan lapangan, petugas dari Tramtib Kec Cipondoh, Satpol PP bersama Dishub bersiaga saat jam sibuk dalam mengantisipasi terjadi kemacetan.

"Kami juga ajak warga untuk tertib lalu lintas," katanya.

Pihaknya juga sudah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai aturan larangan berjualan di bahu jalan karena akan menyebabkan kemacetan.

"Para pedagang mengerti dan memahami aturan tersebut untuk kelancaran bersama. Semua kegiatan penataan berjalan kondusif dan lancar," katanya.

Kemudian jalur di pinggir Kali Sipon pun dibuatkan drainase dari Kelurahan Cipondoh hingga Kelurahan Kenanga agar aliran air tersalurkan, sehingga tak ada lagi lapak pedagang di lokasi tersebut agar kawasan tersebut semakin rapih dan tertata."Masyarakat menyambut baik penataan ini karena lalu lintas jadi lancar dan pedagang juga senang karena kawasannya jadi rapih dan bersih," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement