Jumat 01 Jul 2022 07:49 WIB

Cegah Banjir, Dinas PUPR Depok Normalisasi Saluran di Pangkalan Jati

Dinas PUPR Depok melakukan normalisasi saluran di Pangkalan Jati untuk cegah banjir.

Banjir di Pangkalan Jati, Cinere. Dinas PUPR Depok melakukan normalisasi saluran di Pangkalan Jati untuk cegah banjir.
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Banjir di Pangkalan Jati, Cinere. Dinas PUPR Depok melakukan normalisasi saluran di Pangkalan Jati untuk cegah banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok melakukan normalisasi saluran air di Jalan Kramat, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere. Upaya ini dilakukan agar fungsi penyerapan air bisa lebih maksimal sehingga dapat mencegah banjir saat musim penghujan.

"Kami normalisasi saluran Pangkalan Jati ini atas permintaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat. Dengan tujuan untuk memaksimalkan penyerapan air. Karena kali ini sudah sangat dangkal akibat tumpukan sedimen lumpur," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty di Kantor Dinas PUPR Kota Depok,  Kamis (30/6/2022).

Baca Juga

Menurut Citra, pengerjaan mulai dilakukan sejak Senin (27/6/2022) dan masih berlanjut sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pihaknya juga mengirimkan satu alat berat berupa mini spider, satu unit truk, dan dua operator.

"Sudah dikerjakan sejak Senin lalu. Rencananya masih terus berlanjut dan tidak ada target. Saat ini yang sudah dikerjakan sepanjang 400 meter dan kemungkinan akan terus bertambah," jelasnya.

 

Dia berharap, upaya ini bisa mencegah terjadinya banjir, terutama saat musim hujan. Dia juga meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Kebersihan harus dijaga bersama. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak bisa bekerja sendiri. Mudah-mudahan upaya normalisasi ini bisa memaksimalkan fungsi penyerapan dan aliran air menuju hilir," harap Citra.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement