Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

PT KAI Daop 6 Gandeng Polda DIY Jaga Keamanan Aset

Senin 27 Jun 2022 12:10 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Pekerja melakukan perawatan lokomotif di Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta, Rabu (29/4/2020).

Pekerja melakukan perawatan lokomotif di Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta, Rabu (29/4/2020).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Polda DIY dapat memanfaatkan sarana dan prasarana milik PT KAI.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY). Kerja sama PT KAI dan Polda DIY untuk meningkatkan sinergi antarlembaga, khususnya di bidang keamanan aset kereta.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar dan Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Iwan Eka Putra di Lobi Mapolda DIY, Kota Yogyakarta, Senin (27/6/2022). "Tidak dimungkiri intensitas masyarakat dalam menggunakan layanan KAI cukup tinggi, maka dari itu Polda DIY siap memberikan bantuan pengamanan, pengawalan, pengawasan, dan penertiban aset," kata Asep Suhendar.

Baca: PT MRT Gandeng Kodam Jaya Jaga Keamanan Kereta dan Aset

Menurut Asep, peningkatan pengamanan perlu dilakukan mengingat transportasi kereta merupakan salah satu moda transportasi yang sangat diminati masyarakat. "Selain ramah biaya, kereta api sangat nyaman untuk bepergian serta bebas hambatan sehingga masyarakat sampai tujuan dengan tepat waktu," ujarnya.

Intensitas pengguna layanan PT KAI, menurut Asep, cukup memungkinkan terjadinya potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat saat di dalam kereta maupun di stasiun. Karena itu, sambung dia, bantuan pengamanan, pengawalan, pengawasan, dan penertiban, mencakup aset, baik secara terbuka maupun tertutup di lingkungan PT KAI Daop 6 Yogyakarta.

"Sebaliknya Polda DIY dapat memanfaatkan sarana dan prasarana milik PT KAI guna mendukung pelaksanaan tugas Polda DIY dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah DIY," tutur Asep.

Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Iwan Eka Putra senang dengan perjanjian kerja sama tersebut dan siap mendukung pelaksanaan tugas Polda DIY. "Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini karena sudah terjalin dengan lancar dan kami siap mendukung kegiatan Polda DIY," kata Iwan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA