Rabu 25 May 2022 23:05 WIB

Ini Penjelasan Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Soal Sponsor Bir Heineken

Penyelenggara Formula E akan segera rilis sponsor dari dalam negeri.

Ketua Pelaksana Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Ketua Pelaksana Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggara Formula E (Jakarta E-Prix) segera merilis sponsor dari dalam negeri, menyusul desakan sejumlah kalangan agar penyokong agenda itu segera dibuka ke publik. Penyelenggara juga mengakui adanya sejumlah sponsor global, seperti Heineken.

"Sponsor dalam negeri nanti kami infokan. Semoga segera bisa kita rillis," kata Ketua Komite Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahronidi Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Lebih lanjut, anggota DPR RI tersebut berharap ada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bersedia juga jadi sponsor."Kami berharap ada BUMN berikan sponsor," kata Sahroni.

Meskipun demikian, Sahroni menyebutkan bahwa gelaran itu sendiri sesungguhnya memiliki sponsor global yang bekerjasama dengan Formula E Operations (FEO) dengan berbagai perusahaan.

Salah satunya, adalah merek bir Heineken yang tak sedikit mengundang perhatian dan mengundang kritikan. Syahroni membenarkan memang ada merek itu, namun dia menegaskan bahwa itu merupakan sponsor langsung dari Formula E Operation (FEO).

"Benar (ada), itu sponsor Global FEO, Itu punya sponsor langsung FEO, bukan urusan dalam negeri. Masa urusan mereka kita ikut campur," ucapnya.

Bila merujuk pada laman web https://www.fiaformulae.com ada beberapa jenis sponsor balapan mobil listrik tersebut, di antaranya sponsor utama, global, teknis hingga partner biasa.

Adapun sponsor itu adalah ABB, Julius Bar, Michelini, Tag Heuer, DHL, Saudia, Allianz, Bosch, Heineken, enelxway, Boss, Antofagasta Minerals, Moet & Chandon, Cooper.co.

Sebelumnya, Vice Managing Director Organizing Committee Jakarta E-Prix 2022 Gunung Kartiko mengatakan bahwa sudah ada sponsor yang bergabung untuk ikut perhelatan Formula E.Gunung menjabarkan, perusahaan-perusahaan yang menjadi sponsor bergerak di berbagai bidang.

Sponsor yang terlibat dalam Jakarta E-Prix 2022 nanti berasal dari bank lokal, bank swasta, perusahaan digital, perusahaan listrik, hingga perusahaan kesehatan."'Food and beverage' ada juga beberapa, kita juga ada hospitality, perhotelan, kemudian itu dari sisi kesehatan, 'telco company' dan otomotif," kata Gunung.

Gunung menambahkan, saat ini panitia Formula E masih harus menandatangani kontrak dengan sponsor tambahan lainnya."Detailnya seperti apa kita akan sampaikan dalam waktu terpisah karena dalam beberapa saat masih ada yang akan kita tanda tangan kontrak lagi," ucap Gunung.

Di sisi lain, Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo menyoroti sponsor ajang balap Formula E karena hingga saat ini, belum juga diumumkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement