Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Ramai Kabar Taman Mini Rusak Usai Diambil Alih Pemerintah, Ini Fakta di Lapangan

Jumat 21 Jan 2022 17:06 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Teguh Firmansyah

Kondisi Museum Telekomunikasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang sedang dalam proses revitalisasi, Jumat (21/1).

Kondisi Museum Telekomunikasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang sedang dalam proses revitalisasi, Jumat (21/1).

Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Sekitar lima excavator terlihat sedang beroperasi di danau Arsipel, TMII.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warganet di Twitter ramai membahas soal bangunan-bangunan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang rusak dan disebut tidak terurus. Foto-foto berbagai destinasi seperti Museum Telekomunikasi hingga SnowBay Waterpark bahkan dikatakan terbengkalai sejak diambil alih pemerintah pada 2021 lalu.

"TMII sebelum dan sesudah di ambil alih dan dikelola oleh Pemerintah. Ambyeaaarrrrrrrr.......merusak bukan menambah baik," cuit salah seorang warganet @RomitsuT sambil melampirkan foto SnowBay Waterpark dan Museum Telekomunikasi sebelum dan sesudah diambil alih, Rabu (19/1).

Baca Juga

Warganet lain juga turut berkomentar terkait rusaknya bangunan-bangunan ini." TMII, riwayatmu kini. Wajah Museum Telokomunikasi yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat ini sangat memprihatinkan. Museum ini telah tutup dengan kondisi rapuh tidak terurus. Begitu juga dengan Museum Minyak dan Gas Bumi," cuit sebuah akun @catchmeupid.

Pantauan Republika.co.id, di TMII, Jumat (21/1), bangunan seperti Museum Telekomunikasi memang dalam kondisi rusak cukup parah. Atapnya yang berbentuk seperti kubah dan temboknya sudah tidak memiliki warna lagi.

Namun sebuah excavator terlihat di depan gedung tersebut sedang merobohkan beberapa bagian museum. Beberapa pekerja juga terlihat di lokasi seperti sedang melakukan proses pembangunan tempat itu.

photo
Anjungan Sumatera Utara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang sedang dalam proses revitalisasi, Jumat (21/1). - (Republika/Alkhaledi Kurnialam)

Danau Arsipel yang menjadi salah satu favorit pengunjung juga tidak terlihat seperti kondisi biasanya. Air danaunya surut, hanya ada lumpur, tidak ada burung-burung yang biasa terlihat di tempat tersebut.

Namun seperti yang terjadi di Museum Telekomunikasi, sekitar lima excavator terlihat sedang beroperasi di danau Arsipel. Alat berat tersebut seperti sedang menguruk tanah setelah air danau dikuras habis.

Bangunan lain yang terlihat rusak adalah rumah adat di anjungan Sumatera Utara. Atapnya bolong-bolong dan pengunjung memang tidak diperbolehkan masuk karena ada tanda bahwa tempat itu sedang dalam perbaikan. Pantauan Republika.co.id, juga gedung ini sedang dalam proaes perbaikan, terlihat dari banyaknya pekerja yang sedang beraktivitas di sana.

TMII sedang dipercantik

Dikutip dari bumn.go.id, TMII memang sedang dalam proses revitalisasi dengan penataan khusus. Penataan tersebut dilakukan untuk menyongsong acara internasional G20 mendatang.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA