Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Pergantian Tahun tanpa Perayaan di Jabodetabek

Kamis 30 Dec 2021 14:33 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pada pergantian tahun baru Polda Metro Jaya menerapkan sejumlah kawasan di Ibu Kota bebas kerumunan atau crowd free night.

Pada pergantian tahun baru Polda Metro Jaya menerapkan sejumlah kawasan di Ibu Kota bebas kerumunan atau crowd free night.

Foto: Republika
Pada malam pergantian tahun 11 titik di Jakarta berlaku CFN.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Ali Mansur, Antara

Polda Metro Jaya menegaskan larangan perayaan tahun baru di tempat umum dalam kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Kebijakan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan dan penularan virus Covid-19, terutama varian baru yaitu, Omicron.

Baca Juga

"Kita semua sepakat tidak ada perayaan tahun baru di Jakarta di kafe, bar, restoran maupun hotel," tegas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (30/12).

Kemudian untuk mencegah terjadinya perayaan tahun baru, kata Sambodo, pihaknya bersama instansi terkait sepakat menerapkan kebijakan crowd free night (CFN) pada saat malam pergantian tahun dan pada tahun barunya. Rencananya CFN yang digelar selama dua hari dari tanggal 31 Desember dan 1 Januari 2022 itu diterapkan di 11 titik.

"Sesuai hasil rapat koordinasi yang baru saja kita laksankan, maka kita putuskan pertama CFN dilakukan selama dua hari tanggal 31 Desember dan tanggal 1 Januari 2022," ujar Sambodo.

Menurut Sambodo, penerapan CFN tersebut mulai berlaku pada pukul 22.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB. Nantinya polisi juga akan melakukan penyekatan terbatas sebelum memasuki waktu penerapan CFN tersebut.

Lanjut Sambodo, CFN diterapkan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan pada saat malam pergantian tahun dan saat libur tahun baru. Hal itu juga dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, apalagi sudah ditemukan kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

"Karena tanggal 1 dan 2 itu wekend. Apabila tidak kita tutup maka akan terjadi kerumunan," ungkap Sambodo

Selain itu, kata Sambodo, pihaknya juga bakal memberlakukan kebijakan ganjil-genap sejak Jumat (31/12) sampai Ahad (2/1/2022) pukul 18.00 WIB. Tempat wisata juga bakal dibatasi jam operasionalnya. Sehingga diharapkan tidak terjadi kerumunan dalam jumlah besar di lokasi wisata.

"Tempat wisata buka dari 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Kawasan Setu Babakan dan Museum Fatahilah dalam tiga hari ke depan juga akan tutup," kata Sambodo.

Sementara itu, Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan menyampaikan pihaknya bersinergi dan mendukung penerapan CFN. Satpol PP satpol PP sendiri telah mengerahkan 1600 personil membantu untuk mengamankan tahun baru. Itu dikakukan dalam angka pengendalian covid di jkt alhamdulillah masih bisa terkendali.

"Dalam hal ini saya juga mengingatkan kepada satgas internal, untuk meningkatkan pengawasan di objek wisata. Tentu jg kepada semua pelaku usaha bahwa malam tahun baru, tdk ada kegiatan malam tahun baru dan sebagainya," tutur Bernard.

Upaya pengalihan lalu lintas juga dilakukan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada malam Tahun Baru 2022. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan pengalihan arus  disiapkan guna mencegah kepadatan kendaraan di Jalur Puncak yang kerap diramaikan masyarakat.

"Jadi situasional kalau memang ramai, akan kita alihkan," kata Erdi, di Bandung.

Selain pengalihan arus, menurutnya, tak menutup kemungkinan polisi bakal menutup jalur di kawasan Puncak Bogor apabila kepadatan kendaraan sudah membludak. "Kalau memang padat sekali ya ditutup," kata Erdi.

Dia mengimbau masyarakat agar tidak berkerumun saat malam Tahun Baru 2022. "Mengingat pandemi Covid-19 yang belum selesai, masyarakat diimbau untuk menjauhi kerumunan," katanya.

Selain menjauhi kerumunan, pihaknya meminta masyarakat tetap berdisiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19. Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar), saat ini masih tercatat sebanyak 554 pasien dirawat dan berstatus aktif Covid-19.

Daftar titik malam bebas kerumunan atau "crowd free night" (CFN) di Jakarta pada malam Tahun Baru 2022:

1. Kawasan Jalan Asia Afrika

2. Kawasan Jalan Gunawarman-Senopati-SCBD

3. Kawasan Jalan Mahakam-Bulungan-Barito

4. Kawasan Jalan Sudirman-Thamrin

5. Kawasan Kota Tua

6. Kawasan Monas

7. Kawasan Kemayoran

8. Kawasan Pantai Indah Kapuk 2

9. Kawasan Kemang

10. Kawasan Banjir Kanal Timur (BKT).

11. Kawasan Danau Sunter

photo
Liburan Akhir Tahun - (Republika)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA