Monday, 21 Jumadil Akhir 1443 / 24 January 2022

Ketua DPP PSI Ceritakan Kronologi Mobilnya Terperosok Sumur Resapan

Kamis 09 Dec 2021 17:27 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Tebet, Jakarta, Rabu (24/11/2021). Pemprov DKI Jakarta membuat sumur resapan atau drainase vertikal di berbagai wilayah di Jakarta guna mengantisipasi banjir.

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Tebet, Jakarta, Rabu (24/11/2021). Pemprov DKI Jakarta membuat sumur resapan atau drainase vertikal di berbagai wilayah di Jakarta guna mengantisipasi banjir.

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Pemprov DKI Jakarta menegaskan akan mengevaluasi kontraktor yang mengerjakan proyek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah mobil yang terperosok ke dalam lubang sumur resapan di kawasan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan ternyata milik Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Isyana Bagoes Oka. Isyana membenarkan ban mobilnya terperosok sumur resapan tersebut, namun saat kejadian dirinya tidak berada di dalam mobil.

Informasi mengenai mobil yang terperosok di lubang sumur resapan awal mula diketahui dari unggahan akun Twitter @arnold5508 pada Rabu (8/12). Tampak di gambar yang dibagikan, ban mobil terperosok ke dalam sumur resapan modular. Pemilik akun Twitter menyampaikan kualitas pekerjaan dan pengawasan sumur resapan sembrono.

Baca Juga

Isyana menjelaskan kronologi kejadian yang terjadi pada Rabu (8/12) siang itu. "Saya tidak ikut saat kejadian. Mobil sedang digunakan driver saya yang hendak membeli makan siang. Menurutnya, setelah membeli makan siang, dia melintas dengan kecepatan rendah, tiba-tiba roda kanan belakang mobil kejeblos proyek lubang peresapan air yang sudah selesai dikerjakan," kata dia kepada wartawan, Kamis (9/12).

Menurut penuturannya, pada saat kejadian, tidak terdapat garis pembatas di tempat kejadian perkara (TKP). Sehingga pengguna jalan tidak menyadari bahwa sumur resapan di lokasi ternyata bisa amblas.

"Saat itu juga belum ada garis batas di sekitar lokasi. Lalu driver saya meminta tolong beberapa orang sekitar untuk membantu mengangkat mobil," jelasnya.

Isyana meminta pihak yang menjalankan pekerjaan sumur resapan tersebut dapat bertanggung jawab. Dia berharap kualitas dan keamanan pengguna jalan dapat lebih diperhatikan.

"Ini bisa terjadi pada siapapun. Sebaiknya faktor kualitas dan keamanan diperhatikan betul dalam pengerjaan seperti ini. Jangan sampai ada korban dari pengendara yang melintas," ujarnya.

Anggota Komisi D DPRD Provinsi DKI Jakarta August Hamonangan meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk lebih memerhatikan kualitas sumur resapan. Ia juga meminta Pemprov menindak tegas kontraktor jika ada unsur kelalaian.

"Lagi-lagi kualitas pembangunan sumur resapan menjadi sorotan. Pekan lalu Pak Gubernur menyampaikan akan menindak tegas kontraktor sumur resapan yang asal-asalan. Kami menagih janji itu," ujar August, Kamis (9/12).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA