Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Satpol PP Depok Amankan Tiga Anak Telantar

Jumat 12 Nov 2021 18:25 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Anak telantar.   (ilistrasi)

Anak telantar. (ilistrasi)

Foto: Antara
Ketiganya merupakan kakak beradik umur 13, 12 dan 11 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Aparat Satpol PP Kota Depok mengamankan tiga anak telantar yang berkeliaran di Depok Town Square (Detos). Tiga anak telantar tersebut masing-masing berumur 13 tahun, 12 tahun dan 11 tahun. Ketiganya merupakan kakak beradik. 

"Setelah di data, menurut keterangan ketiga anak tersebut, kedua orang tuanya telah meninggal dan tidak memiliki sanak saudara," ujar Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny di Kantor Satpol PP Kota Depok, Jumat (12/11).

Baca Juga

Menurut Lienda, ketiga anak tersebut kemudian diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok. "Ketiga anak tersebut kami amankan setelah mendapat laporan masyarakat. Mereka sudah kami serahkan ke Dinsos Kota Depok untuk penanganan selanjutnya," terangnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) tiga anak terlantar tersebut. "Kini pihaknya sedang melakukan pencarian dan penelusuran terkait keluarga anak terlantar tersebut," tegasnya.

Nita mengungkapkan, ketiga anak itu sudah pernah terjaring sebelumnya oleh Satpol PP Kota  Depok, yakni pada April 2021.  Setelah terjaring, Dinsos Depok pun menyerahkan anak tersebut ke Panti Asuhan Darul Ilmi Beji.

"Anak-anak itu sudah kami rujuk ke panti asuhan. Menurut panti mereka sering kabur dari panti. Ketika terakhir kali kabur, panti sudah tidak bisa menemukan dan kewalahan terhadap anak-anak itu," jelasnya.

Nita menjelaskan, anak-anak terlantar tersebut juga pernah masuk Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Beji. Pihak Dinsos pun telah berupaya merehabilitasi mereka agar tidak kembali ke jalan. "Setelah ditampung di RPS kami rujuk ke panti asuhan. Mereka ini sudah terbiasa di jalan,"  ungkapnya.

Saat ini, lanjut Nita, bersama dinas terkait, Dinsos Depok sedang melakukan pencarian dan pemantauan. Pihaknya juga tengah melakukan penelurusan terkait keluarga anak-anak tersebut. "Intinya kami akan cari, akan kami bina kembali," tegasnya. 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA