Kamis 28 Oct 2021 19:46 WIB

Peringati Sumpah Pemuda, Solmet Gelar Donor Darah di Jaksel

Wakil Walkot Isnawa Adji hadir memantau kegiatan donor di Masjid Ni'matul Ijtihad.

Wakil Wali Kota Jaksel Isnawa Adji hadir di acara donor darah yang diadakan tim kesehatan Solmet DPD Jaksel di Masjid Ni
Foto: Istimewa
Wakil Wali Kota Jaksel Isnawa Adji hadir di acara donor darah yang diadakan tim kesehatan Solmet DPD Jaksel di Masjid Ni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan donor di Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta terus meningkat selama pandemi Covid-19. Karena itu, tim kesehatan Solidaritas Merah Putih (Solmet) DPD Jakarta Selatan (Jaksel) menggelar donor darah di halaman Masjid Ni'matul Ijtihad, Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/10).

Selain untuk mengumpulkan kantong darah, acara tersebut digelar dalam rangka sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda ke-93. Wakil Wali Kota Jaksel Isnawa Adji turut hadir memantau kegiatan donor.

Ketua DPD Solmet Jaksel, Baharudin Bahar mengatakan, pihaknya menargetkan bisa mengumpulkan 200 kantong darah dari acara donor. Nantinya, kantong darah yang terkumpul diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta

"Semoga dengan adanya donor darah ini dapat membantu masyarakat yang ada di rumah sakit. Selain itu saya berharap program ini juga dapat meningkatkan jiwa solidaritas anak muda," kata Baharudin di Jakarta, Kamis.

PMI Provinsi DKI menyambut baik program sosial tersebut. Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19, stok darah PMI DKI sempat berkurang. Dari kebutuhan 1.300 kantong darah setiap hari, hanya 300 kantong yang masuk ke persediaan PMI DKI.

"Inisiasi ini, inisiasi kemanusiaan ya. Di mana sebelum pandemi kita itu membutuhkan 1.300 kantong per hari yang didistribusikan ke rumah sakit di DKI Jakarta bahkan sampai luar kota. Oleh karenanya, (kegiatan) Solmet ini bisa jadi panutan masyarakat-masyarakat lain," kata Isac, salah satu petugas PMI DKI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement