Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Atlet Bogor Turun ke Jalan Salurkan Bantuan untuk Masyarakat

Sabtu 07 Aug 2021 05:52 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Hiru Muhammad

Polresta Bogor Kota bersama atlet di Bogor turun ke jalan membagikan sembako untuk warga terdampak Covid-19, Jumat (6/8).

Polresta Bogor Kota bersama atlet di Bogor turun ke jalan membagikan sembako untuk warga terdampak Covid-19, Jumat (6/8).

Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Atlet turut menjadi masyarakat yang juga terdampak Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Sejumlah atlet di Kota Bogor membuat satu gerakan bertajuk Bhakti Atlet untuk Negeri Lawan Covid-19, Indonesia Sehat, Indonesia Kuat. Gerakan ini dibuat untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19, sebagai dedikasi atlet Indonesia yang telah bertanding pada Olimpiade Tokyo 2020. 

Bantuan ini disalurkan bersama Polresta Bogor Kota, Jumat (6/8) dan diberikan secara langsung oleh para atlet kepada para penerima. Para atlet memanggul paket sembako, yang kemudian diberikan kepada pemulung, pemilik warung, pengemudi ojek daring, dan lain-lain.“Kami menyerahkan bantuan 240 paket sembako. Acara ini kita dedikasikan untuk atlet yang mengikuti Olimpiade 2020 di Tokyo,” kata salah satu atlet angkat besi, Asep setelah menyerahkan bantuan, Jumat (6/8).

Asep mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19, atlet turut menjadi masyarakat yang juga terdampak Covid-19. Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan semangat mereka, untuk tetap optimis meraih prestasi dan selalu berbuat baik pada sesama.  

Pelatih angkat besi itu juga menuturkan, bantuan yang diberikan sengaja disalurkan melalui Polresta Bogor Kota agar penyebarannya merata. “Harapan kita bisa memberikan dukungan. Dan kita semua sehat, dan bisa mengatasi Covid-19,” katanya.

Salah seorang pemulung yang turut menerima bantuan, Iwan (52 tahun) mengaku terkejut ketika tiba-tiba dihampiri oleh para atlet dan polisi ketika sedang berjalan kaki. Sambil membawa karung di bahunya, dia menerima bantuan sembako yang diberikan langsung dan dimasukkan ke dalam karung yang dibawanya.

Iwan merupakan warga Kabupaten Bogor, namun dia kerap memulung di kawasan Kota Bogor. Setiap hari, dia mendapatkan penghasilan dengan jumlah tak menentu sehingga dia sangat bersyukur ketika tiba-tiba mendapatkan bantuan tersebut.“Alhamdulillah dapat ini (bantuan). Saya sekarang penghasilan lagi nggak tentu, apalagi pas pandemi makin berkurang,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengapresiasi gerakan sosial yang dilakukan sejumlah atlet di Kota Bogor, yang turut serta membantu dalam pandemi Covid-19.“Kami menerima bantuan paket sembako dari para atlet, tentunya ini berkaitan dengan menggelorakan para atlet yang telah berprestasi pada Olimpiade Tokyo,” kata Susatyo.

Menurutnya, prestasi yang diraih menjadi semangat baru bagi bangsa Indonesia untuk bisa bersama-sama pada Agustus yang bersejarah agar bisa keluar dari masa sulit saat ini. Dia menilai, persatuan para atlet tidak hanya di medan pertandingan, tapi juga dengan turut membantu masyarakat.“Bantuan ini akan kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan termasuk masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri. Perjuangan para atlet tidak hanya di medan pertandingan, tetapi mereka juga turut andil besar terjun membantu masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui, Kontingen Indonesia meraih lima medali di Olimpiade 2020, dengan perincian satu emas, satu perak dan tiga perunggu. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak ketimbang negara Asia Tenggara (ASEAN) lain di Olimpiade Tokyo 2020.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA