Senin 28 Jun 2021 17:25 WIB

RSUD Adjidarmo Rangkasbitung Kelebihan Kapasitas

Pasien Covid-19 di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung melebihi kapasitas

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Vaksinator bersiap menyutikkan vaksin COVID-19 kepada wartawan di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (19/3/2021).
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Vaksinator bersiap menyutikkan vaksin COVID-19 kepada wartawan di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (19/3/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK - Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Adjidarmo Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Banten melebihi kapasitas pasien Covid-19. Akibatnya terpaksa ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dijadikan tempat perawatan karena terbatasnya tempat tidur.

"Kami kini tengah mempersiapkan ruangan baru untuk menampung pasien Covid-19 sehubungan terjadi lonjakan itu," kata Kepala Humas RSUD Adjidarmo Rangkasbitung Budi Kuswandi di Lebak, Senin (28/6).

Baca Juga

Pasien Covid-19 di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung melebihi kapasitas sehingga 77 tempat tidur yang disediakan penuh. Para pasien Covid-19 yang datang ke RSUD Adjidarmo Rangkasbitung dirawat di ruangan IGD sambil menunggu pasien pulang.

Saat ini, kata Budi, tengah dipersiapkan ruangan Manggis dengan kapasitas 23 unit tempat tidur dan dilengkapi alat kesehatan (Alkes). "Kami menyediakan tempat tidur untuk pasien Covid-19 total sebanyak 100 unit," katanya.

Menurut dia, semua pasien Covid-19 yang datang ke RSUD Adjidarmo Rangkasbitung diterima dan dilayani untuk mendapatkan perawatan meski tempat tidur terbatas. Perawatan pasien Covid-19 menjadi prioritas agar tidak menular ke keluarga dan orang lain di sekitarnya.

Karena itu, Budi minta pasien maupun pihak keluarga bersabar akibat lonjakan Covid-19 juga keterbatasan tempat tidur. "Kami minta bersabar dan semua pasien yang sudah masuk IGD ditangani dengan dilakukan pemeriksaan juga swab PCR dan untuk mengetahui hasil PCR hampir delapan jam," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement