Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Pemkot Distribusikan 3.563 Vial Vaksin ke Puskesmas dan RS

Rabu 23 Jun 2021 19:22 WIB

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Hiru Muhammad

Pengemudi sektor transportasi ojek daring dan angkutan umum mendapat vaksinasi secara drive thru di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kampus UI, Kota Depok, Rabu (2/6). Program Sentra Vaksinisasi Indonesia Bangkit berlangsung sejak 22 Maret hingga 23 Juli 2021.

Pengemudi sektor transportasi ojek daring dan angkutan umum mendapat vaksinasi secara drive thru di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kampus UI, Kota Depok, Rabu (2/6). Program Sentra Vaksinisasi Indonesia Bangkit berlangsung sejak 22 Maret hingga 23 Juli 2021.

Foto: dok. Istimewa
Dalam proses pendistribusian, tetap dilakukan pengawalan oleh unsur TNI-Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Farmasi Kota Depok, kembali mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac. Adapun total vaksin yang didistribusikan sebanyak 3.563 vial.

Kepala UPTD Farmasi Kota Depok, Mutmainah Indriyati mengatakan, 3.563 dosis vaksin ini didistribusikan ke 61 fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Depok. Terdiri dari 38 Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas dan 23 Rumah Sakit (RS). "Sebanyak 3.563 Vaksin sudah kami distribusikan ke faskes di Kota Depok untuk melanjutkan pemberian vaksinasi Covid-19," ujar Indriyati di Balai Kota Depok, Rabu (23/6).

Menurut Indriyati, dalam proses pendistribusian, tetap dilakukan pengawalan oleh unsur TNI-Polri. Mulai dari gudang farmasi hingga ke faskes yang dituju. "Proses distribusi vaksin sampai dibawa ke faskes dikawal langsung oleh petugas TNI dan kepolisian," teranglnya.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Proses pemberian vaksin dinilai sangat teratur dan menerapkan protokol kesehatan (protkes) yang ketat. 

Salah satu peserta vaksin dari Kelurahan Depok, Topan Aditya (29) mengatakan, pelaksanaan vaksin di Kodim Depok sangat teratur. Lokasi di  Kodim Depok sangat representatif, alurnya sangat baik mulai dari pendaftaran sampai pemberian  vaksin. Dengan pelayanan yang baik, proses vaksinasi menjadi cukup nyaman dan merasa aman untuk divaksin," jelasnya.

Kodam Jaya menggelar program vaksinasi massal Covid-19 di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang berada wilayah Jakarta. "Terdapat 12 faskes yang disiapkan untuk vaksinasi gratis ini salah satunya di Kota Depok," terang Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok Kolonel Inf. Agus Isrok Mikroj.

Lanjut Agus,  program pemberian vaksin merupakan instruksi Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dalam Aksi Nyata Dukung Percepatan Vaksinasi Pemerintah. Pemberian vaksin akan dilakukan beberapa pekan ke depan sesuai jadwal yang ditentukan.  "Saat ini sudah 250 masyarakat mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Kodim Depok, Vaksin tersebut diberikan secara gratis. Pelaksaan vaksin dilakukan hingga  17 Agustus mendatang," katanya.

Pada Kamis (24/6), Kodim Depok akan bekerjasam dengan Polres Metro (Polrestro) Depok dalam pelaksaan pemberian vaksin, dengan penambahanan target vaksin. "Selanjutnya, Kodim Depok juga akan bekerjasama dengan Pemkot Depok dalam pemberian vaksin di sejumlah wilayah Kecamatan Sukmajaya dan Limo," kata Agus. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA