Jumat 21 May 2021 14:47 WIB

Tumpukan Sampah Sebabkan Kali Pesanggrahan Depok Longsor

Tebing tersebut sebelumnya sudah terjadi longsor dan ini merupakan longsor susulan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah pegiat lingkungan membersihkan tumpukan sampah di kali (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Sejumlah pegiat lingkungan membersihkan tumpukan sampah di kali (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Akibat tumpukan sampah yang menumpuk di garis sepadan sungai sebabkan longsor di tebing Kali Pesanggrahan, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Saat ini, Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok sedang melakukan penanganan sementara difokuskan pada pengangkatan material longsor.

"Kami fokus mengangkat material longsor, karena puing-puing tersebut jatuh ke kali, sehingga menutupi aliran air," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok Dadan Rustandi di Balai Kota Depok, Jumat (21/5).

Baca Juga

Menurut Dadan, longsor terjadi beberapa hari yang lalu akibat rembesan air sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Pasalnya, lokasi longsor bersebelahan dengan TPA.

"Menurut laporan, tebing tersebut sebelumnya sudah terjadi longsor dan ini merupakan longsor susulan. Tiga hari ini 20 personel melakukan pengangkatan material, karena selain tanah, ada juga pohon bambu yang ikut tumbang," terangnya.

 

Ia menambahkan, longsor yang terjadi sepanjang 500 meter dengan tinggi mencapai 10 meter. Untuk itu, kata Dadan, penanganan permanen harus berkoordinasi dengan dinas terkait. "Longsor ini cukup panjang dan dalam, sehingga penanganan permanen akan dikordinasikan dengan dinas terkait. Sekarang, baru penanganan sementara. Mudah-mudahan tidak ada longsor susulan lagi," pungkas Dadan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement