Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Museum Fatahillah Mulai Ramai Pengunjung

Sabtu 15 May 2021 14:43 WIB

Red: Esthi Maharani

Warga berwisata di area museum Fatahillah Kota Tua, Jakarta

Warga berwisata di area museum Fatahillah Kota Tua, Jakarta

Foto: Republika/Thoudy Badai
Museum Fatahillah mulai ramai didatangi pengunjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal dengan Museum Fatahillah di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (15/5) siang mulai ramai didatangi pengunjung untuk menghabiskan waktu saat libur Idul Fitri bersama keluarga. Salah satu pengunjung asal Cikarang, Bekasi, Sani (57), mengajak istri dan kedua putrinya mengunjungi Museum Sejarah Jakarta, untuk mengisi masa libur.

"Baru ajak keluarga ke sini, karena kemarin silaturahmi dengan keluarga. Jadi, baru bisa hari ini," kata Sani.

Meski Taman Fatahillah tidak dibuka untuk umum, masyarakat tetap dapat mengunjungi tiga museum yang ada di kawasan tersebut, yakni Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik serta Museum Wayang. Salah satu petugas keamanan di Museum Sejarah Jakarta, Budi, mengaku pengunjung di hari ketiga Idul Fitri mulai terlihat ramai, berbeda dengan hari kedua pada Jumat (14/5).

"Hari ini jauh lebih ramai, kemarin cuma ada sekitar 50 pengunjung, hari ini mungkin bisa lebih," kata dia.

Ada pun museum dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Sesuai dengan aturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jumlah pengunjung dibatasi hanya 30 persen dari total kapasitas. Budi mengatakan bahwa jika pengunjung di Museum Sejarah Jakarta mulai padat, petugas akan mengarahkan ke dua museum lainnya yang jaraknya berdekatan, yakni Museum Seni Rupa dan Keramik serta Museum Wayang.

Sebagai tambahan, hanya warga yang memiliki KTP DKI Jakarta saja yang dapat mengunjungi ketiga museum di Kawasan Kota Tua, Jakarta. Aturan tersebut berlaku sampai Ahad (16/5). Oleh karenanya, petugas di pintu masuk Kawasan Kota Tua akan memeriksa kartu identitas kepada setiap pengunjung yang hendak masuk.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA