Kamis 08 Apr 2021 06:43 WIB

Pemkot Depok-BPTJ Bahas Kemacetan Parah di Exit Tol Sawangan

Menurut Wawali Kota Depok, masyarakat Sawangan dikorbankan kemacetan pintu tol.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Kendaraan memasuki gerbang Tol Sawangan 4 di rute Tol Depok-Antasari (Desari), Kota Depok, Jawa Barat, Jumat.
Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/pras.
Kendaraan memasuki gerbang Tol Sawangan 4 di rute Tol Depok-Antasari (Desari), Kota Depok, Jawa Barat, Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar pertemuan dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub untuk membahas solusi dari kepadatan kendaraan atau kemacetan yang terjadi di exit tol Sawangan yang menjadi bagian rute Tol Depok-Antasari (Desari).

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, kemacetan di Jalan Sawangan kini menjadi kurang terkendali sejak dibukanya akses Tol Desari. Adapun Tol Desari merupakan bagian Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

"Ada dua sisi pandangan dari masyarakat. Ada kemudahan yang diberikan dengan akses langsung menuju ke Jakarta. Namun, di sisi satunya masyarakat yang lain dikorbankan atas kepadatan yang terjadi saat dibukanya pintu Tol Sawangan," ujar Imam di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (7/4).

Menurut Imam, Pemkot Depok berupaya mencarikan solusi atas permasalahan tersebut. Bersama dinas terkait dan DPRD Kota Depok, pihaknya bertemu BPTJ untuk berdiskusi tentang langkah yang bisa ditempuh guna mengatasi permasalahan kemacetan parah tersebut. Salah satu solusi yang Imam tawarkan adalah layanan rute Transjakarta ke Kota Depok.

"Ada beberapa hal yang juga didiskusikan selain kemacetan di exit tol Sawangan. Misalnya, dengan mengajukan perpanjangan akses masuknya Transjakarta ke Terminal Terpadu Kota Depok. Insya Allah doakan, supaya bentuk ikhtiar kita dimudahkan dan cepat terealisasi," ujar politikus PKS tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement