Senin 08 Feb 2021 14:27 WIB

Vila Nusa Indah di Bojongkulur Terendam Banjir

Banjir terjadi akibat aliran Sungai Cileungsi meluap akibat intensitas hujan tinggi.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah
Perumahan Vila Nusa Indah 1 & 2 di Kelurahan Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor terendam banjir sejak Senin (8/2) pagi.
Foto: Dok. KP2C
Perumahan Vila Nusa Indah 1 & 2 di Kelurahan Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor terendam banjir sejak Senin (8/2) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ratusan rumah di Vila Nusa Indah 1 dan 2, Kelurahan Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor terendam banjir, pada Senin (8/2). Ketinggian air yang merendam perumahan tersebut bervariasi sekitar 60 cm sampai 80 cm. "Sekarang lagi meluap, lebih kurang sekitar 60 cm sampai 80 cm saat ini masih berlangsung," kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), Puarman ketika dikonfirmasi, Senin (8/2).

Puarman menjelaskan, banjir itu terjadi akibat aliran Sungai Cileungsi yang meluap akibat intensitas hujan yang tinggi sejak semalam. Luapan air mulai masuk ke delapan RW di Villa Nusa Indah 1 dan 2 sejak pukul 09.30 WIB.

Baca Juga

"Secara garis besar (banjir) di RW 13, RW 14, RW 15, RW 22, RW 24, RW 23, RW 17 dan RW 16. Lebih kurang itu wilayah yang tergenang sekarang," jelas Puarman.

Meski demikian, lanjutnya, pihaknya sudah memberikan peringatan dini kepada warga sejak Ahad (7/2) malam. Sehingga warga sudah siap ketika air naik. Ditambah terdapat mesin pom air yang membantu sehingga air yang naik tidak terlalu tinggi.

"Kami sudah berikan peringatan dini dari semalam jadi semua warga sudah siap dan tidak ada yang panik. Kebetulan juga khusus Villa Nusa Indah 1 dan 2 mereka baru kebagian pompa banjir sangat efektif ketika air belum melewati tanggul," ujar Puarman.

Diketahui, berdasarkan data dari Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), hingga pukul 12.40 WIB ketinggian aliran Sungai Cileungsi pada titik 105 cm atau berstatus Siaga 4. Sementara, di aliran Sungai Cikeas ketinggian air mencapai 275 cm dengan status Siaga 3.

Terakhir, untuk pertemuan aliran Sungai Cileungsi-Cikeas (P2C) sampai pukul 11.40 WIB mencapai ketinggian 640 cm atau status Siaga 1.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement