Kamis 07 Jan 2021 17:17 WIB

Jelang Kedatangan Jokowi, Pedagang Sekitar Istiqlal Diusir

Jokowi kunjungi Istiqlal untuk meresmikan hasil renovasi masjid.

Rep: Febryan A/ Red: Indira Rezkisari
Suasana halaman Masjid Istiqlal Jakarta.
Foto: Prayogi/Republika
Suasana halaman Masjid Istiqlal Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk meresmikan Masjid Istiqlal di Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus), hari ini (7/1) pukul 16.30 WIB. Sebelum Jokowi datang, Pemkot Jakpus buru-buru menertibkan pedagang kali lima (PKL) di sekitar masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Jakpus, Irwandi, mengatakan penertiban PKL dilakukan untuk mendukung peresmian hasil renovasi Masjid Istiqlal oleh Presiden Jokowi. "Hari ini dijadwalkan pukul 16.30 WIB peresmiannya oleh Presiden. Kita ingin mensterilkan kawasan ini dari keberadaan PKL dan PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial," kata Irwandi dalam keterangannya, Kamis.

Baca Juga

Dalam operasi tersebut, kata Irwandi, sebanyak 150 personel gabungan dikerahkan. Hasilnya, 23 lapak dan gerobak diamankan. "Serta dua orang PMKS," kata dia.

Irwandi pun berharap, upaya penertiban ini menambah ketertiban di sekitar Masjid Istiqlal yang baru saja rampung direnovasi. Sebab, sebelumnya kawasan ini dipenuhi PKL dan PMKS.

"Kita berharap Istiqlal ini ada perubahan, kalau kemarin itu penuh dengan gerobak PPKS dan PKL sekarang kita tertibkan secara humanis. Istiqlal ini kebanggaan kita baik secara nasional dan internasional," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement