Selasa 20 Oct 2020 12:11 WIB

Pemkot Bogor Tunggu Juknis Pemberian Vaksin Covid-19

Saat ini Pemkot Bogor masih menunggu akses sekaligus juknis dari pemerintah pusat.

SinoVac, salah satu perusahaan farmasi China yang memproduksi salah satu kandidat vaksin Covid-19.
Foto: Ng Han Guan/AP
SinoVac, salah satu perusahaan farmasi China yang memproduksi salah satu kandidat vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota Bogor masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan pemberian imunisasi vaksin Covid-19 di kota setempat yang direncanakan pada November 2020.

"Saat ini kami masih menunggu akses sekaligus juknis dari pemerintah pusat mengenai imunisasi vaksin Covid-19 tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno, di Kota Bogor, Senin (20/10).

Baca Juga

Menurut Retno, panggilan Sri Nowo Retno, vaksin yang akan diberikan untuk imunisasi Covid-19 adalah bantuan dari pemerintah pusat. "Kami masih menunggu perkembangan informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat.

Retno menjelaskan pada rapat koordinasi dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, pada Selasa (13/10) lalu, ada arahan jika semuanya berjalan lancar, pemberian imunisasi vaksin Covid-19 bisa dilaksanakan pada November 2020.

Pada rapat koordinasi tersebut, disebutkan jumlahnya sekitar 20 persen dari jumlah penduduk Kota Bogor. "Karena jumlahnya terbatas, maka diberlakukan skala prioritas. Saat ini sedang didata siapa saja sasaran yang menjadi penerima vaksin Covid-19, sambil menunggu arahan dari pemerintah pusat," katanya.

Menurut Retno, sasaran penerima vaksin Covid-19 adalah tenaga kesehatan serta orang yang bekerja pada sektor pelayanan publik, yakni aparat sipil negara (ASN), TNI dan Polri. "Sasaran lainnya adalah orang dengan risiko tinggi terpapar Covid-19," katanya.

Sedangkan tempat pelaksanaan pemberian imunisasi vaksin Covid-19, kata Retno, Pemerintah Kota Bogor menyiapkan 25 Puskesmas, baik tingkat kecamatan maupun tingkat kelurahan. "Tempat pemberian imunisasi vaksin disebar di 25 lokasi, tujuannya agar penyebarannya merata di seluruh wilayah Kota Bogor dan lebih mudah dijangkau oleh warga yang menjadi sasaran," katanya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement